Skip to main content

My Info

follow us

Bagi kamu yang sekarang sedang bekerja ataupun sedang menunggu lamaran pekerjaannya diterima, pastinya kamu juga akan bertanya-tanya seperti apa struktur organisasi perusahaan tempat kamu bekerja, bukan?

Nah, untuk perusahaan apa pun dan di mana pun, setiap karyawan yang bekerja dituntut untuk mengerti dan memahami seperti apa pekerjaan yang harus dikerjakan dan dilakukan. Selain itu, karyawan juga harus dapat memahami bagaimana struktur organisasi perusahaan dijalankan.

Struktur Organisasi Perusahaan

Secara sederhana, tujuan dari sebuah struktur organisasi perusahaan yaitu untuk dapat membuat setiap komponen dari perusahaan agar bekerja secara efektif, efisien, dan optimal.

Dan tujuan lainnya yaitu tentunya untuk membuat perusahaan supaya bisa mencapai semua hal yang diinginkan. Tetapi tentu saja tidak semua perusahaan memakai struktur organisasi yang sama.

Tentunya beda perusahaan maka beda juga struktur organisasinya. Namun, biasanya struktur organisasi perusahaan yang paling banyakr dan umum dipakai adalah struktur fungsional, di mana seorang CEO memegang kendali untuk semua bidang.

Apa Itu Struktur Organisasi Perusahaan?

Dikutip dari berbagai sumber, pengertian struktur organisasi secara sederhana yaitu sebuah sistem yang berfungsi untuk memfasilitasi semua bidang di dalam perusahaan agar bisa berfungsi serta dapat bekerja sama satu sama lain untuk mencapai tujuan perusahaan, salah satu contohnya seperti struktur organisasi Mayora.

Sistem dalam struktur organisasi ini bisa mencakup aturan, peranan, serta tanggung jawab yang harus dipikul dan dipenuhi oleh setiap bidang perusahaan. Jadi secara umumnya, struktur organisasi perusahaan ini berguna untuk menentukan bagaimana semua informasi dan tugas dapat bekerja.

Sebagai contoh, dalam struktur organisasi dengan sistem terpusat maka semua keputusan serta wewenang mengalir dari atas ke bawah. Sementara untuk struktur organisasi dengan sistem desentralisasi maka untuk pengambilan keputusan dilakukan oleh setiap pimpinan bidang.

Sebuah struktur organisasi perusahaan berfungsi untuk dapat menjaga agar semua elemen kunci di dalam perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Tiga elemen yang ada dalam struktur organisasi perusahaan yaitu komando, pengendalian, dan juga pengambilan keputusan.

Struktur organisasi perusahaan ini sebenarnya memberikan cukup banyak manfaat. Untuk karyawan, dengan ini mereka bisa mengetahui pada siapa mereka harus melaporkan hasil pekerjaan mereka.

Sementara untuk atasan, dengan ini mereka bisa memahami untuk setiap tugasnya dan siapa-siapa saja yang memegang pertanggungjawaban.

Karena dari setiap perusahaan mempunyai cara pengendalian yang tentu saja dapat berbeda-beda yang pada akhirnya hal tersebut berdampak pada bagaimana hierarki dijalankan, maka ada banyak jenis struktur organisasi perusahaan.

Agar mudah mengakses My Info di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses My Info dari layar utama smartphone dengan klik ikon My Info.

You Might Also Like: