Skip to main content

My Info

follow us

Manfaat Bersepeda untuk Beberapa Masalah Kesehatan Tubuh - Untuk mendapatkan tubuh yang selalu fit dan tetap sehat, tentunya Anda harus selalu aktif secara fisik.

Dengan aktivitas fisik yang dilakukan secara regular maka akan dapat melindungi tubuh dari beberapa penyakit yang serius seperti penyakit obesitas, penyakit jantung, kanker, gangguan mental, penyakit diabtes, dan penyakit arthritis.

Dan dengan bersepeda adalah termasuk dari salah satu cara yang terbaik untuk usaha mengurangi masalah pada kesehatan tubuh yang berkaitan dengan cara gaya hidup yang kurang gerak.

Manfaat Bersepeda untuk Beberapa Macam Penyakit

Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat dari aktivitas bersepeda yang dikaitkan dengan beberapa jenis penyakit tertentu yang perlu untuk diketahui.

Obesitas dan kontrol berat badan

Bersepeda adalah termasuk salah satu dari cara untuk dapat mengontrol atau juga untuk mengurangi berat badan. Dengan bersepeda, kita dapat meningkatkan sistem metabolisme, membentuk otot, dan juga dapat membakar lemak tubuh.

Jika Anda berniat ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus mencoba untuk mengombinasikan antara bersepeda dengan rencana makan sehat.

Bersepeda juga termasuk sebuah olahraga yang nyaman untuk dilakukan dan Anda juga dapat menyesuaikan pada kemampuan yang Anda miliki dengan tingkat kesulitan bersepeda.

Penyakit kardiovaskular

Yang termasuk pada penyakit kardiovaskular ini di antaranya adalah penyakit stroke, penyakit tekanan darah tinggi, dan serangan jantung.

Dengan melakukan kegiatan bersepeda secara rutin, maka akan dapat meningkatkan sirkulasi pada jantung dan paru, menjaga kesehatan jantung dan paru, dan juga dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Dengan bersepeda juga bermanfaat untuk memperkuat otot jantung, dapat menurunkan resting pulse, dan juga dapat mengurangi tingkat lemak darah.

Diabetes

Peningkatan jumlah pasien penyakit diabetes tipe 2 ini termasuk dari salah satu permasalahan kesehatan yang cukup serius sampai saat ini.

Kurangnya kesadaran untuk melakukan aktivitas fisik dianggap masih menjadi alasan utama yang menyebabkan berkembangnya kondisi ini.

Sebuah penelitian yang berskala besar yang dilakukan di Finlandia menemukan bahwa orang-orang yang bersepeda lebih dari 30 menit setiap hari ternyata memiliki resiko 40% lebih rendah untuk terkena diabetes.

Cedera pada tulang dan arthritis

Bersepeda juga dapat meningkatkan kekuatan, keseimbangan, serta juga dapat meningkatkan koordinasi. Bersepeda juga bisa mencegah resiko untuk terjatuh yang dapat menyebabkan patah tulang.

Dan bersepeda merupakan sebuah bentuk olahraga yang cukup ideal, terutama jika Anda mengalami osteoarthritis, karena kegiatan bersepeda termasuk olahraga yang low-impact dan tentunya cukup aman untuk persendian.

Gangguan kesehatan mental

Gangguan pada kesehatan mental seperti halnya masalah depresi, stres, atau masalah kecemasan, sebenarnya bisa dikurangi dengan bersepeda yang dilakukan secara rutin.

Hal ini dikarenakan dari efek positif dari olahraga bersepeda itu sendiri yang dapat membuat perasaan menjadi senang yang ditimbulkan saat aktivitas bersepeda, bisa juga memberikan efek yang positif pada orang yang tengah mengalami gangguan kesehatan mental.

Agar mudah mengakses My Info di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses My Info dari layar utama smartphone dengan klik ikon My Info.

You Might Also Like:

Newest Post