Skip to main content

My Info

follow us

Hubungan Imunitas Tubuh Dengan Pencernaan Yang Perlu Diketahui - Perkembangan ilmu pengetahuan sudah membuktikan bahwa dengan sistem pencernaan yang sehat maka hal tersebut akan ikut memperkuat sistem imunitas pada tubuh. Itu artinya tubuh kita dapat terlindungi dari serangan berbagai penyakit.

Oleh karena itu, dengan memberi asupan makanan yang bergizi, maka itu dapat menyeimbangkan flora di dalam usus. Perlu untuk diketahui bahwa setidaknya terdapat 100 triliun jenis penghuni yang ada di dalam usus yang memiliki fungsi untuk menjaga sistem metabolisme pada usus.

Sebuah jurnal yang dimuat oleh British Society for Immunology menyatakan bahwa ternyata sel kekebalan tubuh yang alami hidup di dalam saluran pencernaan yang sehat, dan hal tersebut mewakili hampir 70% dari seluruh sistem kekebalan pada tubuh.

Sebagai contohnya , apabila seseorang memakan beragam jenis makanan, maka akan makin beragam juga jenis bakteri yang dapat menetap di dalam usus.

Bakteri-bakteri itu juga memiliki jenis yang berbeda-beda pula, tergantung dari berbagai faktor, mulai dari faktor asupan hingga faktor lingkungan.

Di dalam usus, bakteri ini dapat dikelompokan menjadi dua jenis, yaitu bakteri yang baik dan yang jahat. Untuk jenis bakteri yang jahat ini dapat dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat juga, seperti pengaruh dari stres, banyak mengkonsumsi junk food, polusi, dan juga dari meminum obat-obatan yang dapat menganggu pada saluran pencernaan serta tidak seimbangnya usus di dalam tubuh.

Jaga Pola Hidup Sehat

Untuk mendapatkan keseimbangan mikroba di dalam saluran pencernaan, maka solusinya adalah dengan menjaga pola hidup yang sehat.

Hal itu tentunya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak serat tinggi, rajin berolahraga, serta juga mengkonsumsi probiotik (bakteri baik) yang dapat menambah jumlah bakteri yang baik di dalam usus.

Selain dapat menyehatkan, probiotik ini memiliki peran yang sangat vital pada usus, di antaranya untuk menyerap nutrisi, memproduksi vitamin, hingga dapat melawan pertumbuhan bakteri-bakteri jahat. Probiotik ini terdapat pada bahan makanan seperti pada tempe, buah pisang, yoghurt, dan juga bawang.

Saluran Cerna Berpengaruh pada Daya Tahan Tubuh

Seperti yang disebutkan di atas, sebuah jurnal kesehatan yang dimuat oleh British Society for Immunology, diketahui bahwa ternyata sel kekebalan tubuh yang alami hidup di dalam saluran pencernaan yang sehat, serta hal ini mewakili hampir 70% dari seluruh sistem kekebalan tubuh.

Dengan pencernaan yang sehat, maka perut pastinya akan terasa nyaman. Dengan begitu maka penyerapan nutrisi di dalam usus akan berlangsung dengan sebagaimana mestinya, metabolisme juga akan lancar, tubuh akan mendapat perlindungan, serta membuat suasana hati akan terjaga.

Kondisi pada usus akan sangat berhubungan dengan sistem kekebalan pada tubuh secara alami. Bakteri-bakteri yang baik yang ada di dalam usus bersifat dapat melindungi kondisi usus dan juga dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Apabila fungsi ini tidak bekerja dengan baik, maka selanjutnya penyerapan nutrisi juga akan turut berkurang, sehingga hal ini tentunya dapat mengganggu pada imunitas atau daya tahan tubuh, dan juga akan menyebabkan beragam penyakit akan mudah menyerang.

Sebaliknya, apabila saluran pencernaan di dalam tubuh dalam keadaan yang sehat, maka proses penyerapan nutrisi juga akan dapat berjalan dengan baik. Tentu saja hal ini akan sangat mempengaruhi pada daya tahan tubuh yang optimal.

Agar mudah mengakses My Info di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses My Info dari layar utama smartphone dengan klik ikon My Info.

You Might Also Like: