Skip to main content

My Info

follow us

Pahami Cara Pakai Masker yang Benar - Umumnya yang terjadi di masyarakat ketika menggunakan masker adalah mereka menggunakannya secara asal-asalan.

Mereka yang tidak tahu cara memakai masker yang benar cenderung membiarkan masker yang mereka pakai memiliki celah di sekitar mulut, dan sering menyentuh bagian luar masker, bahkan sampai menggaruk bagian wajah dan juga menggosok hidung.

Tentunya hal-hal tersebut malah justru akan memicu wajah menjadi semakin terkontaminasi dengan virus, apalagi di tengah pandemi seperti ini.

Menurut anjuran pemerintah, masker harus digunakan oleh tenaga kesehatan, orang yang sedang sakit, orang yang sedang merawat orang yang sedang sakit, dan digunakan oleh orang yang sehat yang keluar rumah karena ada kebutuhan yang penting.

Untuk tenaga kesehatan, orang yang sedang sakit, dan untuk orang yang sedang merawat orang yang sakit harus menggunakan masker medis. Sementara untuk orang yang sehat yang keluar rumah karena ada kebutuhan yang penting cukup dengan menggunakan masker kain.

Berikut di bawah ini adalah panduan untuk cara menggunakan masker yang benar dan tepat:

  1. Sebelum memasang masker, harus cuci tangan dulu dengan sabun dan dengan air yang mengalir (lakukan minimal 20 detik) atau jika tidak tersedia sabun dan air yang mengalir, bisa menggunakan cairan untuk pembersih tangan (minimal dengan alkohol 60%).
  2. Pasanglah masker dengan menutupi daerah hidung, mulut, sampai menutupi dagu. Serta pastikan bahwa tidak ada sela di antara wajah dan masker.
  3. Jangan buka tutup masker dan juga jangan menyentuh masker. Bila masker tersentuh, segeralah cuci tangan dengan sabun dan dengan air yang mengalir lakukan minimal 20 detik atau bila tidak ada sabun dan air yang mengalir, maka dapat menggunakan cairan untuk pembersih tangan (minimal dengan alkohol 60%).
  4. Segera ganti masker yang basah atau masker yang lembab dengan masker yang baru. Masker medis hanya boleh untuk digunakan satu kali pemakaian saja. Namun untuk masker kain dapat digunakan dengan berulang kali dengan mencucinya terlebih dahulu dengan sabun dan dengan air yang mengalir setelah dipakai lalu keringkan..
  5. Untuk membuka masker, lepaskan tali masker dari belakang kepala. Jangan menyentuh bagian depan masker. Untuk masker medis yang 1x pakai, maka buanglah segera masker bekas di tempat sampah yang tertutup atau dengan kantong plastik, dan jangan lupa untuk menyobek masker sebelum dibuang.
Agar mudah mengakses My Info di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses My Info dari layar utama smartphone dengan klik ikon My Info.

You Might Also Like: