Skip to main content

My Info

follow us

Google Take Down Konten Jamu yang Mengklaim Bisa Sembuhkan Corona - Google telah memutuskan untuk men-take down atau menghapus konten-konten video yang bermuatan jamu yang kini dikait-kaitkan dengan wabah virus corona.

Menurut keterangan dari Head of Public Policy Google Indonesia, Putri Alam, bahwa adanya konten-konten tersebut cenderung akan membuat orang-orang menjadi enggan untuk mencari pertolongan medis.

Namun tentunya tidak semua video yang membahas tentang jamu-jamuan tradisional akan Google take down. Ini khusus untuk video-video yang mengklaim bahwa jamu ini lebih ampuh menyembuhkan corona daripada pergi ke dokter atau lebih ampuh dari obat-obatan yang memang sudah terbukti secara medis.

Menurutnya sampai saat ini belum ada data video-video yang di-take down terkait dengan hal tersebut. Namun menurutnya pula bahwa untuk subyek kesehatan memang sangat sensitif.

Namun untuk video dengan konten yang bermuatan bahwa jamu tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh, maka menurutnya bahwa untuk video tersebut masih bisa dikatakan aman.

Jadi intinya konten apa saja yang membuat orang-orang mengurungkan niatnya untuk mencari bantuan medis, khususnya untuk penanganan wabah virus corona seperti saat pasti akan dilakukan take down.

Salah satu konsep untuk melakukan take downnya ini, Google menggunakan machine learning. Jadi di dalam platform Google terdapat community guideline yaitu tentang kebijakan-kebijakan untuk tidakan yang melanggar aturan komunitas pasti akan langsung dihapus dengan machine learning tersebut.

Selain itu, bisa juga dengan melalui laporan dari publik atau dari pengguna yang nantinya konten tersebut akan direview secara manual.

Pemerintah di suatu negara pun tentunya juga dapat meminta untuk menghapus sebuah konten yang berdasarkan dengan hukum yang berlaku di negara tersebut.

Agar mudah mengakses My Info di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses My Info dari layar utama smartphone dengan klik ikon My Info.

You Might Also Like: