Skip to main content

My Info

follow us

Cara Aman Beli HP Online Agar Tidak Dapat Ponsel BM - Pada tanggal 18 April 2020 mendatang, aturan untuk memblokir ponsel BM melalui registrasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) akan benar-benar diberlakukan. Banyak kekhawatiran yang muncul di kalangan para konsumen ketika mereka akan membeli ponsel dengan cara melalui online.

Lalu bagaimana cara yang aman ketika membeli HP secara online saat aturan IMEI ini diberlakukan?

Sebagai informasi saja bahwa dalam mengimplementasikan kebijakan dalam pengendalian ponsel ilegal dengan melalui pendeteksian nomor IMEI tersebut diputuskan untuk menggunakan sistem yang preventif yaitu dengan skema whitelist. Skema whitelist ini nantinya akan langsung "menyuntik mati" ponsel-ponsel yang ilegal atau ponsel-ponsel BM.

Jadi, nantinya ponsel-ponsel yang IMEI-nya tidak terdaftar di dalam database Kementerian Perindustrian maka ponsel tersebut akan dinonaktifkan dari layanan seluler dari sejak awal. Hanya ponsel atau perangkat legal alias bukan ponsel BM saja yang akan mendapat sinyal untuk menerima layanan telekomunikasi.

Oleh karena itu, maka jika ada ponsel yang akan dibeli tersebut tidak mengeluarkan sinyal dari operator telekomunikasi, maka konsumen dapat langsung memutuskan untuk tidak membeli ponsel tersebut karena bisa jadi ponsel tersebut adalah ponsel ilegal.

Untuk konsumen yang akan membeli smartphone atau ponsel secara online, maka pastikan dengan penjual ponselnya kalau ponsel tersebut bisa ditukar atau dibatalkan jika ponsel tersebut tidak memancarkan sinyal.

Caranya yaitu dengan langsung mengecek ponselnya dengan SIM card lokal untuk memastikan apakah ponsel tersebut berhasil mendapat sinyal atau tidak, segera setelah ponselnya diterima.

Dan untuk e-commerce seperti pada Tokopedia, Bukalapak, Shoppee, dan lain-lain yang tentunya penjualnya merupakan pihak ketiga, ada kebijakan untuk kurun waktu tertentu untuk para pembeli untuk mengecek barang yang dibelinya serta komplain sebelum transaksinya otomatis dianggap selesai.

Agar mudah mengakses My Info di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses My Info dari layar utama smartphone dengan klik ikon My Info.

You Might Also Like: