Skip to main content

My Info

follow us

Yuk Simak Cara Mudah Membasmi Rayap Kayu - Pada beberapa rumah hunian, furnitur yang dimiliki terbuat dari dari bahan kayu. Berikan kesan tampak nyaman, bahan dari kayu dipercaya memiliki daya tahan lama. Bahan kayu pun seringkali digunakan sebagai berbagai furitur hunian, yang siap menghiasi hunian anda.

Rayap kayu, merupakan momok terbesar ketika menggunakan bahan kayu. Sebab serangga ini akan merusak bagian dalam kayu. Sebelum serangga merusak perabotan, berikut cara membasminya seperti kami kutip dari situs https://www.harapanrakyat.com/.

Tanda Hunian Disenangi Rayap

Binatang satu ini, banyak ditemui menjelang musim penghujan tiba. Sebab serangga pengganggu ini, sangat senang hidup dalam kondisi suhu lembab. Kondisi ini rayap akan berkembang biak lebih cepat, disertai dengan memakan kayu yang ada.

Bagian yang paling disenangi rayap, yaitu kusen dari bahan kayu ataupun daun pintu. Bahkan tiang penyangga yang terbuat dari kayu, tidak luput dari sasarannya.

Pada umumnya, rayap memiliki sayap yang bisa dilepaskan. Ketika sayap tersebut terlepas, serangga tersebut akan mencari lokasi hunian baru. Ketika melihat tumpukan sayap dihunian anda, kemungkinan mereka sudah menjajahi furnitur rumah.

Menemukan baru untuk menetap, kini koloninya akan membangun bud atau terowongan berukuran kecil. Terowongan tersebut berfungsi sebagai penghubung antara sumber makanan dan koloninya.

Untuk membuat terowongan tersebut, koloni rayap kayu menggunakan tanah, kayu, ataupun puing puing berukuran kecil. Selain itu, tujuan dari pembangunan mud tuber untuk menjaga agar kondisi tetap lembab dan terhindar dari serangan dari luar.

Ketika mud tuber dibangun, anda bisa melihat benda yang menjulang dari lantai dengan bentuk memanjang. Apabila bangunan tersebut dihancurkan, anda akan menemukan beberapa serangka di remahan tanah tersebut.

Cara Membasmi Rayap

Sebagai langkah pencegahan, anda bisa mengecat furnitur yang terbuat dari kayu. Lapisan cat pada kayu, membantu menghindari serangan serangga tersebut. Pemberian cat pada furnitur, bisa dikatakan sebagai perlindungan ekstra bagi perabotan rumah tangga.

Selain menggunakan cat, anda bisa menggantinya dengan cairan khusus anti rayap. Agar pengaplikasiannya lebih maksimal, bisa ditambahkan dengan minyak tanah sebelum mengoleskan pada furnitur.

Serangga satu ini sangat senang hidup di daerah yang lembab. Bahkan sarang yang dibuat mereka, berfungsi untuk menjaga kelebapan pada huniannya.

Mengetahui hal tersebut, anda bisa memaksimalkan ventilasi udara yang ada pada hunian. Ventilasi udara yang bekerja dengan baik, akan menghilangkan tingkat kelembapan secara perlahan.

Biarkan sinar matahari dan angin masuk ke dalam hunian anda, agar udara lembab tidak terperangkap di dalam hunian. Ketika udara lembab perlahan menghilang, furnitur hunian akan tidak mudah digerogoti rayap kayu.

Jangan lupa untuk memastikan, tidak ada genangan air di sekitar rumah. Terutama daerah rawan seperti kusen, pintu, atapun jendela.

Selain membiarkan sinar matahari masuk, anda juga bisa menggunakan pendingin ruangan. cara satu ini dirasa cukup  ampuh, untuk mengatasi serangga pemakan kayu tersebut. Walaupun senang hidup di daerah yang lembab, si rayap tidak akan betah jika suhu berubah ekstrim.

Perubahan temperatur yang rendah, dapat mematikan rayap secara mendadak. Silahkan pindahkan furnitur ke dalam ruangan yang dipasangi AC, dan lihatlah hasilnya kemudian.

Tidak mudah untuk memindahkan perabotan rumah tangga berbahan kayu. Sebab kayu memilki bobot yang cukup berat, dan sangat menyusahkan ketika memindahkannya sendirian.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa menggantinya dengan membuat perangkap. Cara menjebak si rayap ini pun cukup mudah, karena bahan yang diperlukan dapat ditemukan di sekitar anda.

Siapkan beberapa kardus yang sudah tidak dipakai lagi, dan basahi menggunakan air. Jangan memberikan air terlalu banyak, yang terpenting kardus sudah terasa lembab. Ketika persiapan sudah siap, saatnya untuk mencari sarang rayap.

Letakkan kardus lembab tersebut di dekat sarangnya, agar bau kardus yang hampir sama dengan kau tersebut keluar. Bau yang dihasilkan kardus basah, mampu memancing rayap kayu untuk mendekati kerdus tersebut.

Kehadiran musim penghujan, banyak ditunggu oleh pecintanya. Namun bagi sebagian orang, memasuki musim hujan merupakan sebuah bencana. Bukan karena tidak bersyukur, namun musim hujan membuat udara sekitar menjadi lebih lembab.

Ketika udara terlalu lembab, perabotan rumah tangga perlu diberikan perlindungan ekstra agar tidak digerogoti rayap. Berbagai cara pun dilakukan, agar furnitur tetap awet hingga waktu ke depannya.

Agar mudah mengakses My Info di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses My Info dari layar utama smartphone dengan klik ikon My Info.

You Might Also Like: