Skip to main content

My Info

follow us

Sembelit? Apa saja penyebabnya? Sembelit merupakan penyakit pencernaan yang disebabkan oleh kurangnya kerja usus dalam berkontraksi yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan akan mengakibatkan kanker usus besar jika tidak diatasi dengan baik. Secara umum, Anda dapat dikatakan mengalami sembelit apabila buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Sebelum terkena penyakit sembelit atau susah buang air besar yang akan berujung kepada ketidaknyamanan ini, yuk simak 7 penyebab penyakit sembelit yang dipengaruhi oleh faktor fisiologis maupun hormonal berikut ini.

  1. Kurang konsumsi air
    70% kandungan dalam tubuh manusia adalah air. Kekurangan air dapat menyebabkan keringnya otot-otot yang terdapat pada usus, kemudian keringnya otot-otot tersebut menyebabkan kurangnya kerja usus dalam berkontraksi. Konsumsi air sebagai Obat sembelit dan susah buang air besar alami untuk mengurangi sembelit
  2. Kurang konsumsi serat
    Serat berfungsi untuk membantu usus dalam melancarkan pencernaan di dalam usus karena dapat mengatasi kerasnya kotoran yang terbentuk dan dapat mempermudah kerja usus. Konsumsi buah-buahan kaya serat seperti pisang, labu, dan juga apel.
  3. Sedang hamil
    Masa kehamilan selain mengubah kehidupan sang ibu juga dapat menyebabkan datangnya penyakit sembelit. Apel merupakan buah yang mengandung kalsium yang dapat membantu meredakan sembelit. Selain meredakan sembelit, kalsium juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Untuk itu, konsumsi apel saat anda sedang hamil dan mengalami sembelit mengingat pentingnya asupan kalsium selama kehamilan.
  4. Efek samping obat-obatan
    Obat-obatan yang mengandung antidepresan, antiepilepyik, antupsikotik, dan juga opium dapat menyebabkan efek samping seperti sembelit atau susah buang air besar
  5. Gangguan hormon
    Apabila terjadi gangguan terhadap hormon yang berfungsi menyeimbangkan cairan yang terdapat dalam tubuh seperti aldosteron, glukokortikoid, dan Anti Diuretic Hormone (ADH), kondisi tersebut dapat menyebabkan anda menderita penyakit sembelit
  6. Mengidap penyakit tertentu
    Diabetes, stroke, hipotiroid (tiroid yang kurang aktif), hiperparatiroid (paratiroid terlalu aktif), dan juga penyakit Parkinson dapat menyebabkan datangnya penyakit sembelit.
  7. Kebiasaan menunda buang air besar
    Kebiasaan ini dapat menyebabkan penyakit sembelit karena menyebabkan tegangnya otot-otot yang terdapat pada usus. Karena itu, jangan biasakan untuk menahan dan akhirnya menunda buang air besar ya!
Agar mudah mengakses My Info di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses My Info dari layar utama smartphone dengan klik ikon My Info.

You Might Also Like:

Newest Post