Skip to main content

My Info

follow us

Manfaat Alami Tanaman Karet Kebo Untuk Kesehatan - Karet kebo (Ficus elastica) adalah spesies tumbuhan yang berasal dari genus ficus, asli timur laut India, Nepal, Bhutan, Myanmar, China (Yunnan), Malaysia, dan Indonesia. Kemudian dibawa ke Sri Lanka, Hindia Barat, dan Negara bagian Florida. Tanaman karet kebo memiliki segudang manfaat untuk kesehatan atau pengobatan alami.

Karet kebo masih satu kelompok dengan beringin, terlihat dari bentuk pohonnya yang memiliki kesamaan, di antaranya memiliki akar gantung. Biasanya karet kebo tumbuh di pekarangan yang luas dengan tinggi batang bisa mencapai 25 hingga 30 meter. Namun ada juga yang menanamnya sebagai tanaman hias di rumah dengan ditanam menggunakan pot.

Karet Kebo memiliki ciri daun yang besar dan lebar, yang daunnya berwarna merah hati saat muda dan berwarna hijau tua saat daunnya tua.

Dikenal dengan nama karet kebo (Jawa), karet merah, bak rambong (Aceh), batang kajai (Sumatra Barat), rubber plants (Inggris), mampu hidup hingga ketinggian 500 meter dpl.

Karet kebo telah dikenal di dunia sebagai tanaman yang mempunyai khasiat alami untuk kesehatan dan obat tradisional, baik daun, batang, maupun akarnya.

Penulis sendiri mendapatkan tanaman Karet kebo ini dari kakak yang telah memilikinya terlebih dahulu. Beliau menanamnya dan memperbanyaknya dengan stek dalam pot, dan saya juga berencana untuk membudidayakannya juga.


Berbagai Manfaat Karet Kebo Untuk Kesehatan


Mengatasi Penyakit Stroke

Karet Kebo berkhasiat pada daunnya untuk membantu penyembuhan penyakit stroke, rematik, maag, berbagai bentuk masalah penyakit kulit dan juga membantu proses peredaran darah di dalam tubuh agar lancar. Daun karet kebo mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, flavonoid, dan polifenol.

Cara memanfaatkan daun karet kebo untuk mengobati stroke ini sangatlah mudah. Daunnya dicuci bersih lalu dipotong-potong kecil seperti untuk membuat teh, kemudian dikeringkan dengan cara dijemur.

Rebus daun yang sudah kering sebagai teh dan minum secara rutin.

Mengobati Penyakit Maag

Manfaat Karet Kebo ini bisa untuk menyembuhkan penyakit maag. Di dalam daun Karet Kebo terkandung senyawa alami yang bermanfaat dan khasiatnya untuk menurunkan asam lambung yang sebelumnya naik. Caranya sama seperti untuk mengobati stroke dengan membuat daunnya sebagai minuman teh.

Obat Bisul

Khasiat karet kebo ini bisa sebagai obat luar, yaitu untuk menyembuhkan bisul dengan memanfaatkan akarnya. Di dalam akar dan kulit kayu terdapat zat saponin, flavonoid, dan polifenol yang berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah, serta membantu untuk menghilangkan sakit atau analgentik.

Untuk pengobatan bisul, siapkan akar karet kebo secukupnya, lalu cuci hingga bersih, setelah itu akar tersebut digiling sampai halus. Tambahkan sedikit air lalu aduk sampai bentuknya menjadi seperti bubur, lalu bubuhkan pada area yang sakit.

Mengobati Reumatik

Untuk pengobatan rematik sendi, cara membuat ramuannya yaitu pertama-tama cuci bersih 30-50 gram akar Karet Kebo, kemudian direbus bersama 2 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas. Kemudian tinggal Anda minum air rebusannya sebanyak dua kali dalam sehari (masing-masing 1 gelas).

Untuk Membantu Melancarkan Haid

Manfaat kandungan di dalam daun karet kebo ini juga ada yang khusus bagi kaum wanita untuk membantu para wanita untuk melancarkan haidnya. Jika rutin mengonsumsi daun karet kebo, peredaran darah akan menjadi lancar yang juga berguna untuk melancarkan haid. Selain itu, daun karet kebo juga akan membantu mengurangi rasa nyeri yang datang selama haid.

Sebagai Anti-inflamasi

Khasiat daun yang berbentuk lebar ini juga dapat berfungsi sebagai anti-peradangan. Pemanfaatan daun Karet Kebo dapat mengatasi masalah radang ditunjang oleh zat alami yang terkandung di dalamnya, yang bersifat anti inflamasi. Zat-zat anti inflamasi berfungsi untuk mempercepat pemulihan radang kulit. Untuk penggunannya maka cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan bubuk daun Karet Kebo yang telah dihancurkan sebelumnya, pada bagian tubuh yang mengalami sakit. Lalukan hal ini sampai kondisi pulih.

Menyehatkan Lambung

Daun Karet Kebo diyakini berkhasiat untuk menyehatkan lambung untuk menjaga organ lambung tetap sehat dan berfungsi dengan baik dalam menyerap sari makanan yang dikonsumsi tubuh.

Daun Karet Kebo dipercaya masyarakat dapat menjaga kesehatan lambung dan usus. Sehingga pemanfaatannya bisa sebagai ramuan alami yang menjadikan proses pencernaan menjadi lancar dan bekerja optimal.

Hanya saja, hendaknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya untuk kesehatan lambung, karena bagaimanapun masih belum ada studi ilmiah yang berhasil membuktikan akan manfaatnya ini secara detail.

Selain yang saya sebutkan di atas, masih banyak manfaat karet kebo, di antaranya mencegah gatal pada kulit, menghilangkan rasa nyeri, mencegah hipertensi, melancarkan aliran darah, mengatasi keputihan, meringankan gejala alergi dan asma.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Agar mudah mengakses My Info di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses My Info dari layar utama smartphone dengan klik ikon My Info.

You Might Also Like:

Newest Post