Skip to main content

My Info

follow us

Cara Membuat Manisan Jahe - Ini adalah resep cara membuat manisan jahe yang mudah sehingga Anda dapat membuat cemilan makanan kecil yang lezat buat keluarga tercinta.

Iya, jahe merupakan rempah-rempah dengan rasa yang khas yang sebagian besar digunakan sebagai bumbu masakan atau sebagai campuran minuman seperti kopi jahe, wedang jahe, dan lainnya.

Namun ternyata selain itu jahe bisa dibuat jadi manisan jahe atau permen jahe yang tentunya rasanya juga dan enak, pasti disukai juga sama anak-anak.

Jika Anda tertarik untuk mencoba membuat manisan jahe sendiri di rumah, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Siapkan jahe lalu kupas kulitnya. Kemudian bentuk jahe sesuai selera, misalnya dengan memotongnya tipis, tipis, atau membuatnya menjadi dadu-dadu kecil, atau mengirisnya memanjang tipis-tipis.
  • Siapkan air dalam panci untuk merebus jahe, lalu masukan jahe sampai jahe terendam semua di dalam panci dan panaskan air sampai mendidih. Setelah mendidih, masukan gula dengan perbandingan 1 liter air dengan 1 kg gula pasir. Biarkan jahe dalam rebusan air gula sampai jahenya menjadi lembut dan dapat dimakan.
  • Setelah jahenya lembut, tiriskan jahenya. Jangan buang air gula rebusan jahe karena ini bisa digunakan untuk campuran minuman teh, kopi, atau dibuat wedang.
  • Setelah ditiriskan, masukan jahe tadi ke dalam toples bertutup lalu tambahkan taburan gula lalu kocok agar butiran gula menempel pada jahe.
  • Keluarkan jahe dari dalam toples dan taruh ke atas ayakan dengan lubang besar agar tidak terlalu banyak butiran gula yang menempel.
  • Masukan lagi ke dalam toples bersih lainnya lalu simpan di dalam kulkas karena manisan jahe ini akan lebih nikmat disajika dalam keadaan dingin.

Nah kini manisan jahe sudah siap disajikan untuk keluarga sebagai cemilan nikmat untuk menemani waktu berkumpul keluarga atau acara lainnya.

Selamat mencoba.

Agar mudah mengakses My Info di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses My Info dari layar utama smartphone dengan klik ikon My Info.

You Might Also Like: