Skip to main content

follow us

Gula Dahon Khas Pangandaran Dan Khasiatnya Bagi Kesehatan - Dahon atau nipah adalah tumbuhan jenis palma yang hanya tumbuh di daerah pesisir pantai. Pohon dahon atau pohon nipah tumbuh di belakang hutan bakau dari tepi garis pantai. Pohon dahon tumbuh di sepanjang daerah aliran air payau yang berlumpur.


Karena itu, daerah Pangandaran banyak ditumbuhi pohon dahon di sepanjang pesisirnya. Banyak masyarakat Pangandaran yang memanfaatkan melimpahnya pohon dahon dengan menjadi pengrajin atap sirap dahon, baik untuk dijual ataupun dipakai sendiri. Namun seiring berkembangnya zaman, kini tidak banyak orang yang menggunakan atap sirap dahon sebagai atap rumah. Sehingga ini mengurangi sumber mata pencaharian sebagian masyarakat Pangandaran.

Dan ternyata, tidak banyak juga masyarakat Pangandaran yang mengetahui manfaat lain dari pohon dahon. Ternyata air nira dari pohon dahon atau pohon nipah dapat dijadikan gula dahon atau gula nipah sebagai pengganti gula tebu atau alternatif gula merah atau gula kelapa dan merupakan sumber pangan yang perlu dikembangkan dan bisa menjadi sumber mata pencaharian masyarakat pesisir pantai, khususnya masyarakat Pangandaran.


Selain sebagai pengganti gula tebu dan dula kelapa, ternyata gula dahon memiliki khasiat bagi kesehatan dari kandungan mineral di dalamnya. Dan karena air nira nipah diambil dari daerah aliran air payau, nira nipah mengandung garam yang menjadikannya rasa nira nipah sedikit asin. Itu sebabnya rasa gula nipah sedikit asin dan jika digunakan untuk memasak maka masakannya akan menjadi lebih gurih.

Dan kini di Pangandaran sudah ada yang mulai memanfaatkan ketersediaan yang melimpah dari daerah pesisir ini dengan menyadap air nira dari pohon dahon untuk dijadikan gula dahon. Dengan cara penyadapan dan pengolahan yang tepat, kita bisa mendapatkan air nira yang banyak dan membuat gula dahon yang berkhasiat, dan tentunya bisa membantu keuangan keluarga dengan menjualnya sebagai oleh-oleh khas Pangandaran.

Gula dahon memiliki antioksidan yang sangat tinggi sebagai zat pembunuh sel kanker, juga Insya Allah berkhasiat mengobati penyakit:
  • Penyakit hati
  • Penyakit gondokan
  • Penyakit tenggorokan
  • Diabetes
  • Penenang syaraf
  • Penawar racun
  • Demam
  • Lumpuh
Kini gula dahon sudah dikemas menarik dan bisa didapatkan langsung dengan membelinya di pusat oleh-oleh wisata pantai Pangandaran, serta bisa juga dipesan secara online.

You Might Also Like:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar