Skip to main content

follow us

Membuat Jus Daun Pepaya Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan - Seiring dengan manfaat kesehatan dari tumbuh-tumbuhan sebagai obat alami, daun pepaya telah mendapatkan popularitas besar karena sifat obatnya. Ketika Anda mencari pengobatan tanpa obat kimia untuk penyakit tertentu, cobalah jus daun pepaya sebagai obat alami yang akan segera meringankan.

Menurut banyak penelitian, kandungan phytonutrisi dari daun pepaya untuk antioksidan kuat dan dampak kekebalan dari aliran darah, juga senyawa fenolik, alkaloid dan papain yang memberikan efek biologis positif dari kandungan fitonutrien.

Chymopapain dan papain adalah komponen aktif dari pepaya. Keduanya membantu dalam pencernaan protein dan banyak digunakan dalam pengobatan kembung, gangguan pencernaan, dan kondisi pencernaan lainnya. Juga, senyawa alkaloid pseudocarpaine, carpaine dan dehydrocarpaine memberikan efek kemo-preventif.

Kedua alkaloid terisolasi murni dan turunan sintetis mereka adalah obat penting karena sifat analgesik dan antispasmodic. Senyawa fenolik, asam klorogenat, asam caffeic, kaempferol dan quercetin menawarkan efek antioksidan yang kuat.

Daun pepaya juga mengandung mineral penting seperti kalium, kalsium, natrium, besi, mangan dan magnesium.

Manfaat Kesehatan dari Jus Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki manfaat yang tak terhitung jumlahnya, di antaranya adalah:

1. Produksi trombosit darah

Sangat penting untuk mempertahankan tingkat tinggi trombosit darah setelah beberapa penyakit serius seperti demam berdarah. Dalam kondisi ini, trombosit darah berkurang ke tingkat yang mengkhawatirkan. Dan jus daun pepaya dapat menstimulasi produksi trombosit darah.

2. Mendukung hati

Jus daun pepaya memberikan efek pembersihan ke hati dan menyembuhkan banyak penyakit kronis, termasuk sirosis hati, sakit kuning dan kanker hati.

3. Mencegah penyakit

Jus daun pepaya kaya akan acetogenin, yang dapat mencegah banyak penyakit serius seperti demam berdarah, malaria dan bahkan kanker. Properti ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penjajah bakteri dan virus di tubuh manusia.

4. Tingkatkan energi

Sepanjang pembersihan dan penyembuhan dari jus daun pepaya, itu meningkatkan tingkat energi dan membantu Anda melawan kelelahan kronis.

5. Mendukung sistem pencernaan

Melimpahnya kandungan enzim papain, chymopapain, amilase dan protease, memungkinkan daun pepaya memecah protein dan karbohidrat sehingga memperbaiki pencernaan. Orang-orang yang mengalami masalah pencernaan akhirnya akan mengatur dan menyembuhkan kondisi kesehatan ini. Jus ampuh ini membunuh bakteri berbahaya seperti H. Pylori yang dapat menyebabkan peradangan pada lapisan lambung dan tukak lambung. Juga dapat menyembuhkan peradangan usus besar, yang merupakan hasil dari penyakit radang usus.

6. Mengurangi Peradangan

Berbagai penyakit dan alergi, selalu menghasilkan radang tertentu. Jus khusus ini berhasil mengurangi peradangan dan meminimalkan efek samping kemoterapi.

7. Mengatur gangguan menstruasi

Jus daun pepaya menenangkan gejala PMS dan mengatur siklus menstruasi karena kemampuannya untuk menyeimbangkan hormon.

8. Melindungi kesehatan kardiovaskular

Kelimpahan dalam antioksidan kuat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan jantung dan memperbesar pembuluh darah.

9. Menurunkan kadar gula darah

Jus ampuh ini meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah. Juga, sifat antioksidan mengurangi komplikasi sekunder diabetes, termasuk kerusakan ginjal, hati berlemak dan stres oksidatif.

Cara membuat jus daun pepaya:

  1. Setelah dipetik, silahkan rendam daun pepaya selama 10 - 15 menit untuk mengurangi getah dan rasa pahit, kemudian cuci sampai bersih dengan air mengalir.
  2. Potong-potong daun pepaya, masukkan ke dalam blender. Tambahkan air matang.
  3. Hidupkan blender, proses hingga halus.
  4. Tuang jus ke dalam gelas melalui saringan untuk menyaring ampasnya, tambahkan madu dan aduk hingga rata.
  5. tambahkan es batu agar jus menjadi lebih segar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar