Skip to main content

follow us

Cara Mengolah Daging Domba Agar Tidak Bau Dan Empuk - Seperti kita ketahui bahwa domba memiliki bau khas yaitu bau prengus karena bulunya yang lebat di seluruh tubuhnya. Maka jika mengolah dagingnya tidak benar, bau prengus akan timbul di dagingnya.

Nah di Hari Raya Idul Adha ini, selain sapi yang menjadi hewan kurban, banyak juga yang memilih domba sebagai hewan kurban.

Untuk itu, berikut ini beberapa tip untuk mengolah daging domba agar tidak bau dan empuk.

1. Jangan Dicuci Cukup Direbus

Daging domba yang sudah disembelih ataupun yang dibeli di pasar, jangan dicuci terlebih dahulu saat akan dimasak. Sebaiknya direbus dulu sampai mendidih dan buang kotoran dan busa yang keluar selama proses merebusnya. Daging domba yang dicuci dengan air terlebih dahulu sebelum dimasak akan menyebabkan bau khas prengus domba semakin keluar.

2. Dengan Parutan Buah Nanas

Selain mengolah daging domba supaya tidak prengus menjadi empuk adalah dengan menggunakan buah nanas. Parut buah nanasnya (sebaiknya nanas yang masih muda), kemudian rendam daging yang sudah dipotong-potong sesuai selera ke dalam parutan nanas. Tunggu sampai empuk atau kurang lebih selama 10 menit sampai 30 menit saja setelah itu bisa diolah dengan bumbu resep kambing andalan Anda. Perhatian! Jangan merendam daging terlalu lama karena nanti daging akan terlalu lembek.

3. Menggunakan Daun Pepaya

Selain menggunakan parutan buah nanas, cara memasak daging domba supaya empuk adalah dengan dibungkus dengan daun pepaya. Cuci bersih daun pepaya lalu bungkus daging yang akan dimasak dengan daun pepaya selama beberapa saat lalu setelah itu bisa diolah seperti biasanya.

4. Buang Lemak Daging

Lemak pada daging domba dapat menyebabkan bau prengus, untuk itu sebaiknya lemak di daging harus dibuang terlebih dahulu. Agar mudah membuang lemaknya, dinginkan terlebih dahulu di kulkas atau freezer. Setelah lemaknya mengeras kemudian bisa dengan mudah kita iris dan buang bagian lemaknya.

5. Menggunakan Air Perasan Jeruk Nipis

Cara lain agar daging domba tidak bau prengus adalah menggunakan air jeruk nipis. Siram air jeruk nipis di atas daging kambing sampai rata. Diamkan supaya air jeruk nipisnya meresap kurang lebih selama kurang lebih 30 menit sampai 60 menit.

6. Taburan Garam

Jika daging domba sudah terlanjur dicuci, taburi semua bagian daging kambing dengan garam dapur sampai benar-benar rata agar daging tidak bau prengus. Biarkan dahulu selama kurang lebih 60 menit supaya garam meresap dan menetralkan bau darahnya.

Nah demikianlah beberapa tip cara mengolah daging domba agar tidak bau dan empuk. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar