Skip to main content

follow us

Sebagai masyarakat awam, kita perlu juga memperhatkan dan mengetahui jenis obat yang akan kita beli agar kita tidak salah mengkonsumsi obat yang justru nantinya malah menjadi buruk bagi kesehatan kita.

Biasanya informasi tentang obat mengenai produsen, kandungan, dan jenis obat sudah tertera pada kemasan obat, namun kita sering kali mengabaikannya dan tidak berusaha untuk mengetahuinya.

Khusus untuk jenis obat, pada kemasan obat akan diberi lambang-lambang tertentu untuk memberi tanda jenis obat itu sendiri.

Jika kita perhatikan pada kemasan obat, akan terdapat lambang lingkaran hijau, biru, atau merah yang masing-masing memiliki arti.

Berikut adalah arti lambang hijau, biru, merah pada kemasan obat:
  • Lambang lingkaran hijau dengan garis tepi berwarna hitam, ini menunjukan bahwa obat tersebut merupakan obat bebas yang bisa dikonsumsi tanpa harus menggunakan resep dokter. Ini biasanya untuk obat-obat warung.
  • Lambang lingkaran biru dengan garis tepi berwarna hitam, ini menunjukan bahwa obat tersebut merupakan obat bebas terbatas. Artinya obat ini memiliki dosis lebih tinggi dari obat bebas namun bisa dikonsumsi tanpa harus menggunakan resep dokter seperti obat bebas. Beberapa obat jenis ini biasanya hanya bisa dibeli di apotek saja.
  • Lambang lingkaran merah dengan garis tepi hitam dan seperti huruf K di dalamnya, obat dengan lambang ini merupakan obat keras dan hanya bisa dibeli di apotek dengan resep dokter.
Dengan mengetahui jenis obat dari logo yang terdapat pada kemasan, hendaknya kita tidak sembarangan dalam membeli dan mengkonsumsi obat-obatan.

Meski begitu, kita tidak bisa membeli dan mengkonsumsi obat-obatan secara bebas, namun hendaknya sebaiknya kita konsultasikan dulu dengan dokter.

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar