Skip to main content

follow us

Tumbuhan bunga matahari biasanya ditanam di halaman dan taman yang cukup mendapatkan sinar matahari dan banyak digunakan sebagai tanaman hias.

Bunga matahari termasuk tanaman berbatang basah, daun tunggal berbentu jantung, berbunga besar dengan mahkota berbentuk pita di sepanjang tepi cawannya dan berwarna kuning.

Selain bijinya dimanfaatkan sebagai kuaci, ternyata bunga matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Keseluruhan bagian tanaman bisa digunakan sebagai obat herbal mulai dari bunga, biji, akar, daun, sumsum dari batang dan dasar bunga, di antaranya:

Untuk mengobati disentri

30 gr biji bunga matahari diseduh kemudian ditim selama 1 jam. Angkat lalu tambahkan gula batu secukupnya lalu diminum.

Untuk radang payudara

Kepala bunga tanpa biji dipotong kecil-kecil kemudian dijemur. Setelah kering disangrai kemudian digiling sampai menjadi bubuk. diminum 3 kali sehari.

Untuk reumatik

Kepala bunga digodog sampai menjadi kanji lalu tempelkan di bagian yang sakit.

Untuk infeksi saluran kencing

30 gr akar sehar direbus, sewaktu akan mendidih segera angkat. Minum air rebusan tersebut.

Sumsum dari batang dan dasar bunga berisi hemicellulose yang menghambat sarcom 180 dan hrlich ascitic carcinoma pada tikus. Ekstrak dari sumsum dapat menghancurkan nitrosamine dan dapat mencegah dan mengobati tumor saluran cerna.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar