Mengenal Minyak Kelapa Virgin (VCO) Manfaat Dan Cara Membuatnya

Mengenal Minyak Kelapa Virgin (VCO) Manfaat Dan Cara Membuatnya

Mungkin sebagian dari kita baru mendengar istilah minyak kelapa virgin atau VCO (Virgin Coconut Oil). Selama ini kita hanya mengenal minyak kelapa untuk memasak atau menggoreng, namun minyak kelapa virgin ini selain cara pengolahan dalam mendapatkannya berbeda juga memiliki banyak khasiat alami untuk kesehatan.

Minyak kelapa selama ini diketahui banyak mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi, apalagi jika pergunaannya berulang-ulang, beresiko untuk meningkatkan kolesterol. Namun virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa virgin atau minyak kelapa murni ini mengandung lebih banyak asam lemak rantai sedang yang mudah diserap oleh dinding usus.

Oleh karena itu kini VCO banyak digunakan untuk obat herbal atau obat alami untuk kesehatan. Khasiat minyak kelapa virgin atau VCO ini di antaranya seperti berikut: memelihara kesehatan kulit, meningkatkan ASI bagi ibu menyusui, anti mikroba, untuk kekebalan tubuh, menurunkan berat badan atau obesitas, memelihara kesehatan rambut, kesehatan jantung dan memperlancar peredaran darah, untuk mencegah penyakit osteoporosis, untuk menyembuhkan kencing manis, liver, kanker, dan masih banyak lagi.

Kini sudah banyak orang yang menjual minyak kelapa virgin (VCO) ini, namun jika mau kita juga bisa membuat VCO sendiri di rumah.

Berikut adalah cara membuat minyak kelapa virgin:
  1. Siapkan beberapa butir kelapa, makin banyak kelapa maka makin banyak minyak yang dihasilkan. Pilih kelapa yang sudah benar-benar tua namun belum menjadi bakal tunas. Sebaiknya sebelum diolah, kelapa didiamkan dulu selama 2 minggu.
  2. Kupas kulit kelapa dan buang tempurungnya, lalu bersihkan kulit paling luar buah kelapa dengan cara mengeriknya menggunakan pisau. Kemudian belah buah kelapa, cuci bersih lalu tiriskan.
  3. Parut buah kelapa, usahakan memarut kelapa selesai kurang dari 30 menit.
  4. Masukan parutan kelapa ke dalam baskom, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil parutan kelapa diremas-remas agar santannya keluar.
  5. Saring santan kelapa ke dalam wadah yang bertutup, misal toples plastik besar. Saring santan kelapa menggunakan kain puring agar mudah memeras santannya.
  6. Setelah santan tersaring semua, tutup wadah dan diamkan selama 1-2 jam sehingga terbentuk 2 lapisan yaitu lapisan air yang bagian bawah dan lapisan santan yang bagian atas.
  7. Pisahkan lapisan santai ke wadah lainnya lalu aduk menggunakan mixer selama 30 menit.
  8. Kemudian saring kembali santan ke dalam wadah lainnya lalu tutup dan simpan sampai 12 jam.
  9. Setelah 12 jam disimpan, nanti akan terbentuk 3 lapisan yaitu: lapisan bawah berupa air, lapisan tengah berupa galendo, dan lapisan atas berupa minyak. Lapisan minyak inilah yang merupakan minyak kelapa virgin atau VCO, namun masih memerlukan beberapa proses lagi agar benar-benar memiliki kualitas yang baik.
  10. Pisahkan minyak ke wadah lainnya.
  11. Lalu buat saringan minyak dari corong besar. Siapkan corong besar lalu bagian bawah atau bagian leher corong sumpal dengan kapas, tonjolkan sedikin kapasnya di bagian bawah. Lalu tumpak kapas di bagian atas corong dan terakhir di paling atas lapisi dengan beberapa lembar tissue.
  12. Siapkan wadah untuk menampuh minyak dari saringan corong. Sekarang silahkan saring minyak dengan saringan corong tadi. Tumpahkan minyak ke dalam corong dan nanti hasilnya akan menetes ke wadah di bawahnya.
  13. Hasil akhir inilah yang merupakan minyak kelapa virgin atau VCO kualitas baik.
Selain untuk keperluan pribadi, Anda pun bisa membuat usaha rumahan dari menjual minyak kelapa virgin ini dengan mengemasnya ke dalam botol.

Bagaimana, mudah membuat minyak kelapa virgin, bukan? Selain untuk keperluan kesehatan pribadi dan keluarga, juga dapat menjadi usaha tambahan dari kebun kelapa Anda.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Share this: