Membuat Sayur Bening Daun Kelor Yang Lezat Dan Menyehatkan

Membuat Sayur Bening Daun Kelor Yang Lezat Dan Menyehatkan

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui khasiat tersembunyi dari tanaman kelor. Masih banyak yang menganggap tanaman kelor sebagai tanaman liar, biasanya dijadikan sebagai pagar kebun saja atau pagar di pingir jalan.

Sehingga sampai saat ini belum banyak orang yang membudidayakan tanaman kelor sebagai tanaman apotek hidup untuk keperluan kesehatan sebagai bahan alami ramuan.

Daun kelor dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengobati berbagai penyakit seperti mengobati luka lambung, sakit tenggorokan, mengatasi kaku pada persendian, gatal-gatal, dan lain sebagainya.

Selain dibuat berupa ramuan atau racikan alami, daun kelor juga dapat dibuat sebagai sayur yang nikmat disantap dan tentunya juga tetap menyehatkan. Kita bisa memasak daun kelor sebagai sayur bening yang bisa disantap oleh semua anggota keluarga.

Membuat sayur bening daun kelor ini seperti halnya membuat sayur bening pada umumnya yaitu seperti berikut ini.

Siapkan daun kelor secukupnya, ambil daunnya saja dan batang serta tangkai daun dibuang lalu cuci bersih daun kelornya. Potong-potong jagung muda dan wortel yang sudah diberlihkan kulit luarnya.

Siapkan bumbunya sebagai berikut: cikur atau kencur, bawang merah, garam, gula merah, daun salam.

Haluskan setengah rimpang cikur, 3 siung bawah merah, garam secukupnya, dan gula merah juga secukupnya dengan menggunakan cobek dan ulekan.

Panaskan air di dalam panci sampai mendidih. Setelah mendidih silahkan masukan potongan jagung muda dan wortel kemudian masukan juga bumbu yang tadi dihaluskan dan daun salam. Tunggu sebentar lalu masukan daun kelor, aduk agar tercampur rata. Lalu setelah kurang lebih 5 menit angkat sayur ke dalam mangkok sayur dan matikan kompor.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Share this: