Khasiat Tanaman Bangle Sebagai Obat Herbal

Khasiat Tanaman Bangle Sebagai Obat Herbal

Di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, tanaman Bangle (Sunda= Panglay) banyak di tanam di kebun atau pekarangan rumah yang cukup mendapat sinar matahari.

Tanaman Bangle tumbuh membentuk rumpun, berbatang semu. Memiliki bunga dengan bentuk unik, bunga majemuk berbentuk tandan yang keluar dari ujung batang. Panjang gagang bunga sekitar 20cm, bagian ujungnya berbentuk bulat lonjong seperti telur berwarna merah.

Bangle memiliki rimpang yang menjalar dan berdaging dengan bentuk tidak beraturan. Bila rimpangnya dibelah berwarna kuning muda sampai kuning kecoklatan.

Sudah sejak lama bangle digolongkan sebagai rempah-rempah yang memiliki khasiat obat herbal alami. Bangle dapat digunakan sebagai obat alami untuk penyakit: demam, sakit kepala, batuk, perut nyeri, masuk angin, sembelit, sakit kuning, cacingan, reumatik, kegemukan, dan mengecilkan perut setelah melahirkan.

Cara Pemakain Bangle Untuk Herbal


1. Cacingan

3 jari rimpang bangle, 2 jari temu hitam, 5 biji ketumbar, dan 5 lembar tangkai daun sirih dicuci lalu diiris-iris tipis dan ditumbuk sampai halus. Tambahkan 1/2 gelas air matang, peras dan saring airnya lalu diminum.

2. Deman dan Masuk Angin

15gr rimpang bangle yang segar dicuci lalu diparut, lalu diperas dan disaring airnya. Tambahkan 1/2 gelas air panas dan 2 sendok makan madu, aduk hingga rata. Minum 2 kali sehari.

3. Perut Mulas

Siapkan rimpang bangle, rimpang jahe, kencur, dan lempuyang wangi, masing-masing 1/2 jari. Semua bahan dicuci lalu diiris tipis-tipis. Rebus dengan 1 gelas air sampai tinggal 1/2 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum.

4. Reumatik

Rimpang segar secukupnya dicuci lalu diparut. Tambahkan arak lalu aduk sampai menjadi seperti bubur. Balurkan pada bagian sendi yang sakit.

5. Sakit Kuning

1/2 jari rimpang bangle dicuci bersih lalu diparut, kemudian peras dan saring airnya. Tambahkan air masak dan madu 1 sendok makan. Minum 2 kali sehari.

You Might Also Like:

Share this:

Bantu kami membuat situs MyInfo.web.id ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, Anda sudah membantu kami untuk tetap membuat website ini terus menayangkan konten.

Cara mendukungan situs MyInfo.web.id: Silahkan simak artikel berikut ini.


Don't show again click here.