Tumbuhan Herbal Temulawak

Tumbuhan Herbal Temulawak

Temulawak banyak ditemukan di hutan tropis dan di tanah lapang yang gembur atau sengaja di tanam di kebun-kebun warga atau di pekarangan rumah.

Temulawak merupakan tumbuhan herbal yang cukup populer di Indonesia, sampai dibuat minuman dalam botol atau diseduh sebagai jamu. Rimpang temu lawak sudah dikenal sejak dulu sebagai ramuan obat yang memiliki aroma dan warna khas.

Temulawak sebagai obat herbal dapat mengobati beberapa penyakit seperti sakit limpa, sakit ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, sakit perut, kurang nafsu makan, sembelit, sariawan, jerawan, dan lainnya.

Untuk asma

Siapkan 1 setengah rimpang temulawak dan 1 potong gula aren. Temulawak diiris tipis-tipis kemudian dikeringkan. Setelah kering kemudian direbus dengan 5 gelas air dan tambahkan gula aren secukupnya sampai mendidih hingga tersisa 3 gelas. Dinginkan kemudian saring lalu diminum.

Untuk susah buang air besar

Iris tipis-tipis 1 rimpang temu lawak kemudian angin-angin hingga kering. Masukan ke dalam gelas lalu tambahkan 3 buah mata asam dan spotong gula aren kemudian diseduh dengan air panas. Saring lalu diminum.

Menambah nafsu makan

Rebus 2 rimpang temulawak, 1/4 rimpang lengkuas, setengah genggam daun meniran dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersiksa 2 gelas kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari setengah gelas.

You Might Also Like:

Share this: