Khasiat Alami Jeruk Nipis Sebagai Obat Herbal

Khasiat Alami Jeruk Nipis Sebagai Obat Herbal

Jeruk nipis termasuk jenis tumbuhan perdu yang memiliki banyak dahan dan ranting dengan batang pohon berkayu ulet dan keras.

Pada umur 2 setengah tahun, jeruk nipis sudah mulai berbuah, bunganya berukuran kecil berwarna putih dan buah berbentuk bulat seperti bola pingpong.

Rasa buah jeruk nipis ini cukup asam dan tumbuh subur di tempat-tempat yang terkena langsung sinar matahari.

Jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit, di antaranya amandel, malaria, ambeien, sesak napas, influenza, batuk, sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mulas saat haid, disentri, bau badan, dan masih banyak lagi.

Untuk amandel

Siapkan 1 buah jeruk nipis, 1 setengah rimpang kunyit, dan 2 sendok makan madu. Jeruk ipis dibelah dan diperas airnya, kunyit diparut dan diperas airnya, kemudian campur dengan madu dan diaduk rata dan tambahkan air secukupnya. Minum 2 hari sekali secara teratur.

Untuk ambeien

Siapkan 2 - 4 potong akar pohon jeruk nipis, cuci bersih lalu rebus dengan 1 setengah liter air sampai mendidih dan air tersisa 1 liter kemudian saring. Minum air rebusan setiap sore secara teratur.

Untuk batuk

Siapkan 1 buah jeruk nipis, 1 setengah sendok makan kecap, dan garam secukupnya. Belah jeruk nipis lalu peras airnya tambahkan kecap dan garam lalu aduk yang rata. Minum 1 kali sehari secara teratur sampai sembuh.

Untuk disentri

Siapkan 2 potong akar pohon jeruk nipis, cuci bersih lalu rebus dengah 2 setengah gelas air sampai mendidih lalu saring. Air rebusan diminum 1 kali sehari.

Untuk perut mulas

Siapkan 1 buah jeruk nipis dan 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Belah jeruk nipis lalu peras airnya, parut kunyit dan peras juga airnya kemudian campurkan dan tambahkan air hangat secukupnya lalu aduk hingga tercampur rata. Silahkan diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

You Might Also Like:

Share this:

Bantu kami membuat situs MyInfo.web.id ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, Anda sudah membantu kami untuk tetap membuat website ini terus menayangkan konten.

Cara mendukungan situs MyInfo.web.id: Silahkan simak artikel berikut ini.


Don't show again click here.