Membuat Sendiri Es Dawet Yang Menyegarkan

Membuat Sendiri Es Dawet Yang Menyegarkan

Tampilannya serupa dengan es cendol namun tentu saja rasanya berbeda namun memiliki sensasi yang sama ketika dinikmati yaitu menyegarkan.

Es dawet dibuat dari tepung beras jadi tentu saja berbeda rasa dengan es cendol yang terbuat dari tepung hunkwe, hanya saja untuk sirup gula dan santannya yang sama.

Daripada jajan es dawet di sembarang tempat yang kita tidak tahu bahan apa saja yang digunakan, mending kita buat sendiri es dawet yang menyegarkan.

Yuk simak cara membuatnya di bawah ini.

Siapkan bahan-bahan berikut: tepung beras putih, setengah butir kelapa, gula merah secukupnya, garam secukupnya, daun pandan secukupnya, kapur sirih sedikit, pewarna makanan bila suka, dan air secukupnya.

Cara membuat es dawet:

  1. Larutkan tepung beras dengan air lalu tambahkan sedikit kapir sirih (disebut adonan).
  2. Panaskan air sampai mendidih dan tuangkan adonan sedikit demi sedikit dan tambahkan sedikit garam, bila ingin berwarna silahkan tambahkan pewarna makanan.
  3. Aduk terus sampai kental dan matang (usahakanlah jangan sampai gosong agar aromanya lebih nikmat) setelah itu angkat.
  4. Siapkan saringan dawet lalu saring adonanya dan letakan di tempat atau tampungan yang berisi air dingin di bawahnya. Atau ada juga yang tidak disaring, adonan dibiarkan di dalam wadah sampai dingin mengental, kemudian jika akan dihidangkan, dawet langsung diambil menggunakan sendok.
  5. Kelapa diparut lalu peras dan ambil santannya lalu tambahkan sedikit garam. Simpan di dalam toples.
  6. Rebus gula merah dan tambahkan daun pandan biar harum sampai gula benar-benar larut lalu angkat dan dinginkan. Masukan ke dalam toples.
  7. Sajikan dawet dalam mangkok lalu siram dengan santan dan air gula, dapat juga ditambahkan es batu biar tambah seger.
Selamat mencoba....

You Might Also Like:

Share this:

Bantu kami membuat situs MyInfo.web.id ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, Anda sudah membantu kami untuk tetap membuat website ini terus menayangkan konten.

Cara mendukungan situs MyInfo.web.id: Silahkan simak artikel berikut ini.


Don't show again click here.