Manisan Sawi Hijau Pedas

Manisan Sawi Hijau Pedas

Sayuran sawi hijau biasanya digunakan oleh para pedagang mie ayam sebagai campuran mie ayam, namun kini kita akan membuat sayuran sawi hijau sebagai manisan pedas, manisan sawi hijau pedas.

Sebelum membuat manisan sawi hijau pedas, hal yang pertama dilakukan adalah memilih sawi hijaunya. Hendaklah memilih sawi hijau dengan daun yang bolong-bolong bekas gigitan ulat yang menandakan bahwa sayuran tersebut tidak mengandung pestisida.

Setelah mendapatkan sayuran sawi hijau yang sehat, selanjutnya tinggal membuat manisan sawi hijau pedas.

Silahkan cuci bersih sawi hijau lalu pisah-pisah daun sawi hijau dari bonggolnya satu per satu. Ambil satu lembar sawi hijau, taburi dengan garam lalu remas-remas sampai lemas. Lakukan pada semua lembaran sawi hijau. Biarkan kira-kira 2 jam sampai sawi hijau benar-benar lemas, lalu cuci bersih. Gulung sawi hijau lalu ikat dengan tali plasik. Kemudian masukan ke dalam toples lalu susun biar rapih.

Tumbuk kasar cabe merah. Panaskan air lalu masukan tumbukan cabe merah, gula pasir, dan sedikit garam sampai larut. Angkat dan biarkan dingin.

Setelah dingin silahkan siramkan air cabe dan gula ke dalam toples yang berisi gulunan-gulungan rawit hijau sampai terendam semua. Tutup toples dan simpan sampai 2 hari, manisan sawi hijau pedas siap disantap.

Selamat mencoba....

You Might Also Like:

Share this: