Ragam Manfaat Tersembunyi Sayuran Okra Untuk Kesehatan

Ragam Manfaat Tersembunyi Sayuran Okra Untuk Kesehatan

Anda asing mendengar nama Okra? Ya... Okra memang masih terdengar asing bagi sebagian orang Indonesia karena masih jarang populasi dan budidayanya. Okra merupakan salah satu sayuran favorite di sebagian negara kawasan Asia Tengah hingga Timur Tengah. Okra atau Bendi atau kalau di Indonesia disebut juga dengan kacang lendir ini berasal dari kawasan sekitar Ethiopia dengan bentuk yang unik.

Tidak hanya bentuknya saja yang unik, namun kandungan di dalamnya pun sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Sehingga tak heran saat ini Okra sudah memiliki peminat sendiri dengan mengolahnya menjadi beragam masakan baik di rumah sendiri maupun di rumah makan.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat sayuran Okra untuk kesehatan tubuh kita.

1. Membantu Pertumbuhan Janin
Okra merupakan sayuran yang baik untuk ibu hamil. Berbagai vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan untuk asupan serta pertumbuhan janin. Kandungan asam folat yang tinggi di dalam Okra sangat baik untuk pertumbuhan otak janin.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Kandungan yang beragam di dalam Okra sangat baik untuk kesehatan jantung mulai dari serat, anti oksidan, hingga senyawa katekin dan epikatekin.

3. Mengobti Asma
Kandungan vitamin C dalam sayuran Okra membantu dalam melegakan saluran pernapasan, sehingga sirkulasi udara di dalam paru-paru menjadi tidak terganggu.

Sayuran Okra yang usia muda memiliki tekstur yang empuk dan nikmat sehingga banyk orang yang memanfaatkan Okra sebagai bahan masakan baik dibuat tumis yang sederhana atau dibuat varian olahan okra lainnya yang menggugah selera sehingga selain berguna untuk kesehatan tubuh, juga sangat sangat nikmat untuk disantap.

Share this:

Disqus Comments