Karawaci Butuhkan Hunian Terintegrasi

Karawaci Butuhkan Hunian Terintegrasi

Semakin tingginya aktivitas masyarakat di kawasan Karawaci, Kabupaten Tangerang, Banten membuat semakin dibutuhkannya proyek pembangunan hunian atau perumahan terintegrasi di kawasan tersebut.

Potensi pasar yang ada sudah dan semakin besar. Hal tersebutlah yang akhirnya mendorong pengembang ingin membangun banyak proyek hunian baru. Di kawasan tersebut pun memiliki nilai harga jual rumah yang dinilai menguntungkan.

Jika rencana tersebut direalisasikan, Karawaci nantinya akan memiliki banyak bentangan apartemen yang luas di atas pusat perbelanjaan atau mal. Kawasan tersebut juga nantinya akan menjadi kawasan pusat bisnis atau Central Business District (CBD). Saat ini sendiri di Tangerang telah dibangun dan banyak berdiri sekolah, perguruan tinggi, rumah sakit, dan juga pabrik. Bahkan pertumbuhan komunitas juga semakin banyak, seperti komunitas Korea di kawasan Pinangsia misalnya.

Dibangun pada awal tahun 90-an, kawasan Lippo Village merupakan proyek pertama kota di pinggir Jakarta. Kebutuhan komunitas penduduk mulai dari kebutuhan air dan listrik dan juga internet, kota mandiri ini kini dapat menyediakannya.

Hingga akhir tahun 2015 lalu, kawasan Lippo Village ini mencatatkan jumlah penghuni hingga mencapai angka 60.000 jiwa. Ini belum ditambahkan dengan sekitar 100.000 hingga 150.000 jiwa yang datang setiap harinya untuk bekerja, belajar, atau usaha.

Kawasan ini terdapat beberapa fasilitas seperti Rumah Sakit Siloam yang memiliki taraf internasional, sekolah, perguruan tinggi, lembaga penelitian MRIN atau Mochtar Riady Institute for Nanotechnology untuk penelitian kanker, hotel, areal olah raga seperti golf.

Tidak hanya itu. kawasan ini juga memiliki tempat rekreasi dan pusat belanja. Pusat perbelanjaan Supermal Karawaci yang memiliki luas 240.000 meter persegi juga terdapat di dalamnya. Bahkan, pihak Lippo sendiri sedang merencanakan untuk membangun pusat belanja baru yang akan dinamakan Lippo Grand Mall Millenium Village yang lebih luas dari Supermal Karawaci yaitu seluas 470.000 meter persegi.

Kawasan yang mendapatkan penghargaan kategori International Urban Master Planning di acara FIABCI Prix d’Excellence 2012 di St. Petersburg, Rusia ini juga akan mengembangkan Milenium Village. Nantinya, di kawasan tersebut akan dibangun kampus baru Universitas Pelita Harapan yang dapat menampung sebanyak 300.000 mahasiswa, CBD Karawaci baru, juga Siloam Health City.

Ini merupakan artikel review. Segala bentuk dan akibat yang timbul atas materi di atas, sepenuhnya adalah tanggung jawab Urbanindo.com. Terima Kasih!

Share this:

Disqus Comments