Ramuan Kolang-kaling Pereda Sakit Maag

Ramuan Kolang-kaling Pereda Sakit Maag

Salah satu khasiat kolang-kaling adalah untuk meredakan sakit maag, jadi di saat bulan puasa ini sangat cocok bagi penderita maag untuk mengkonsumsi kolang-kaling sebagai menu berbuka puasa.

Banyak pemicu sakit maag, di antaranya stress dan terlalu banyak makan makanan pedas. Hal ini terjadi karena produksi asam pada lambung meningkat, akibatnya perut akan terasa nyeri dan kembung.

Pengobatan sakit maag tidak harus melulu dengan obat-obatan kimia, namun bisa juga dengan ramuan-ramuan tradisional yang bisa kita buat sendiri, salah satunya dengan membuat ramuan kolang-kaling. Selain sebagai ramuan pereda sakit maag, ramuan ini bisa menjadi alternatif menu berbuka puasa yang sehat.

Untuk membuatnya silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.
  1. Siapkan gula jawa atau gula aren, daun salam, air matang, dan kolang-kaling.
  2. Panaskan air dalam panci kemudian masukan kolang-kaling yang sudah dipotong-potong.
  3. Tambahkan 2 lembar daun salam.
  4. Iris-iris gula jawa secukupnya kemudian masukan ke dalam rebusan kolang-kaling.
  5. Setelah mendidih, angkat rebusan dan masukan ke dalam mangkuk.
Perpaduan kolang-kaling dan daun salam sangat cocok untuk penembuhan luka radang pada lambung. Sensasi dingin dan segar saat mengkonsumsi kolang-kaling juga dapat meringankan gejala maag.

Ramuan kolang-kaling ini dapat dikonsumsi ketika sakit maag melanda. Namun bagi penderita maag kronis dinjurkan untuk mengkonsumsi ramuan ini setiap hari satu kali secara rutin sampai sakit maag mereda.

Selamat mencoba.... 

Share this:

Disqus Comments