5 Pantai Selatan di Pelabuhan Ratu

5 Pantai Selatan di Pelabuhan Ratu

Sepanjang kawasan wisata Pelabubuhan Ratu banyak terdapat pantai-pantai indah yang memanjakan mata dengan perpaduan ombak yang ganas dengan hijau dan asrinya pegunungan di belakang pantai.

Perpaduan yang sangat menyolok dan tidak semua tempat di Indonesia memiliki kondisi alam yang seperti ini tentunya cukup menarik perhatian para wisatawan baik lokal dan mancanegara.

Pantai-pantai yang menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara tersebut antara lain seperti berikut di bawah ini.

Sumber Gambar: Panoramio.com

1. Pantai Palabuhanratu

Para wisatawan lebih sering menyebut pantai ini sebagai Pantai Pelabuhan Ratu. Di kawasan pantai ini dilarang untuk berenang, karena arusnya yang berbahaya dan juga dasar pantai yang landai bercampur dengan dasar yang terjal dan curam. Ombak di pantai ini juga cukup tinggi dengan hempasan yang cukup keras.

Beberapa hal unik yang terdapat dipantai ini yaitu adanya hutan cagar alam yang letaknya di sisi lain pantai. Karang-karang terjal yang menjorok ke laut memberikan pemandangan yang khas pantai selatan. Tak perlu diragukan lagi keindahan yang ditampilkan dipantai ini. Sebuah hotel besar dan mewah yang dibangun atas ide presiden pertama RI yaitu Ir Soekarno.

Keberadaan hotel ini berkembang seiring mitos adanya Nyi Roro Kidul yang menempati salah satu kamar hotel tersebut. Namun hal ini justru menjadi daya tarik wisatawan yang ingin tahu tentang kebenaran mitos tersebut.

2. Pantai Karanghawu

Disebut sebagai pantai Karang Hawu dikarenakan di pantai ini anda bisa melihat karang yang berlubang pada beberapa sisi yang menjorok ke laut. Bila dilihat sepintas, karang tersebut berbentuk mirip dengan Hawu yang dalam bahasa Sunda berarti tungku.

Pantai yang memiliki garis pantai yang berbentuk melengkung sepanjang kurang lebih 3 kilometer. Pantai ini memiliki ombak yang rata-rata sama dengan ombak di pantai yang lainnya di Pelabuhan Ratu. Warna pasir yang kecoklatan memiliki tekstur yang halus.

3. Pantai Cimaja 

Pantai ini tak jauh letaknya dari pantai Pelabuhan Ratu. Di pantai ini ketinggian ombak lebih ganas dari bagian pantai lainnya, yaitu bisa mencapai ketinggian 4 meter. Memang terlihat ombak yang negitu ganas tersebut sangat tidak ramah bagi wisatawan yang ingin berenang di oantai tersebut, namun bagi para peselancar, pantai ini adalah surganya.

Bagi para surfer dan peselancar tingkat nasional maupun internasional sangat mengenal pantai ini. Karena keganasan ombaknya justru menjadi tantangan yang mengasikkan bagi para peselancar. Karena itulah beberapa kali pantai ini digunakan sebagai ajang adu kebolehan bagi para peselancar.

Sumber Gambar: Jelajahsukabumi.com

4. Pantai Citepus

Sepanjang pesisir pantai selatan, banyak terdapat pantai-pantai yang memiliki  daya tarik cukup kuat untuk menarik wisatawan. Posisi pantai di Teluk Pelabuhan Ratu yang berbentuk U, sehingga antara pantai yang satu dengan yang lain seperti tak berbeda jauh kondisinya.

Pasir putih yang terlihat bersih menjadikan pantai Citepus ini merupakan salah satu pantai yang menjadi favorit di Kawasan Pelabuhan Ratu. Beberapa bagian pantai masih diperbolehkan untuk tempat bermain air bersama keluarga.

5. Pantai Loji

Salah satu pantai yang unik di pesisir pantai selatan, adalah Pantai Loji. Pantai yang berpasir hitam ini dipenuhi dengan bebatuan alami dan karang-karang kecil hingga yang terbesar. Perbukitan dan karang-karang di pesisir pantai yang menjorok  di pantai membuat keindahan pantai semakin terlihat unik.

Adanya sebuah Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa yang terletak diperbukitan pinggir pantai, membuat pantai ini terlihat berbeda dari pantai lainnya. Untuk menuju ke Vihara tersebut anda harus naik anak tangga berjumlah ratusan, dan anehna hingga kini belum ada jumlah yang sama untuk menghitung anak tangga tersebut, terkadang 499 anak tangga namun ada juga yang menghitung mencapai 519 anak tangga.

Sumber Gambar: Jelajahsukabumi.com

Demikian ulasan singkat mengenai pantai-pantai yang ada di Kawasan Pelabuhan Ratu, masih banyak pantai lainnya yang bisa anda temukan saat berwisata kesana. Selain wisata Pantai, Pelabuhan Ratu juga banyak menyimpan obyek wisata lainnya yang cukup populer dan bisa di jadikan tujuan wisata saat berlibur.

Bagaimana? Tertarik untuk berlibur ke pantai-pantai di atas? Buat anda yang dari luar kota, anda bisa beristirahat sejenak selepas menikmati keindahan pantai-pantai di atas sebelum kembali ke tempat tinggal anda. Di sini ada banyak hotel dengan berbagai fasilitas, mulai dari yang hotel murah hingga hotel mewah. Anda bisa cek di situs pemesanan hotel Traveloka.com. Biasanya harganya lebih murah dibandingkan di situs lain.

Ini merupakan artikel review. Segala bentuk dan akibat yang timbul atas materi di atas, sepenuhnya adalah tanggung jawab pemberi review. Terima Kasih!

Share this:

Disqus Comments