Resep Kue Klepon

Resep Kue Klepon

Kue tradsional yang satu ini sudah banyak dikenal oleh orang Indonesia. Di berbagai penjuru Indonesia kue ini dikenal dengan nama yang berbeda. Ada yang menyebutnya onde isi unti, kue onde dan yang paling banyak menyebutnya "Kue Klepon" 

Kue klepon dibuat dari bahan tepung beras ketan yang ditambah air kemudian diaduk hingga bisa dibentuk. Selain itu dalam adonan ditambahkan warna alami yang dibuat dari daun suji. Yaitu sejenis daun pandan yang berwarna hijau pekat. Sebelum digunakan daun suji ditumbuk halus kemudian ditambahkan sedikit air dan diperas airnya hingga diperoleh air hijau kental. Air hijau inilah yang digunakan sebagai pewarna alami pada kue klepon. 

Sebagai isinya digunakan gula merah yang diiris-iris. Tapi ada juga yang menggunakan isi berupa kelapa parut yang diolah bersama gula merah. Jadi warnanya menjadi coklat. Isian ini kemudian dikenal dengan nama "unti". Adonan klepon yang sudah diisi dengan unti kemudian dibentuk menjadi bulat hingga menyerupai bola-bola kecil. Bulatan ini kemudian direbus dalam air mendidih hingga matang. Tandanya matang adalah jika bola-bola ketan ini sudah mengapung. 

Ketika bola-bola ketan berwarna hijau ini sudah mengapung di dalam air mendidih, sudah saatnya diangkat. Setelah ditiriskan agar airnya tidak lagi menempel, maka bola-bola ketan ini digulingkan dalam hamparan kelapa parut. Sebaiknya kelapa dikukus dulu agar awet. Jangan lupa ditambahkan garam agar rasanya tidak hambar. 

Dengan balutan kelapa parut, maka kue klepon ini pun siap untuk disajikan. Kini kue klepon telah dimodifikasi dengan warna yang beraneka ragam. Ada merah, kuning juga ungu. Orang menyebutnya dengan nama klepon pelangi. Isinya juga dimodifikasi. Ada yang berisi coklat leleh, selai strawberry dll. 

Biasanya kue klepon ini disajikan sebagai teman minum teh pagi ataupun sore. Jika tidak ada waktu membuat kue klepon maka kita bisa dengan mudah mendapatkan kue klepon ini dipasar-pasar tradisional. Harganya juga murah meriah sekitar Rp 500 s/d Rp 2.000 per buahnya . Jika ingin membuat kue klepon sendiri maka resep berikut ini bisa dijadikan referensi . 

Bahan : 

  • Tepung ketan 500 gram 
  • Air daun suji 100 ml 
  • Garam 1/4 sdt 
  • Kelapa muda di parut 1 butir 
  • Gula merah diiris-iris halus 500 gram
  • Air untuk merebus secukupnya. 


Cara membuat : 

  1. Campurkan tepung beras ketan, air daun suji dan garam. 
  2. Uleni adonan tepung ketan hingga kalis dan bisa dibentuk bulatan. 
  3. Ambil adonan sedikit demi sedikit dan bulatkan. 
  4. Pipihkan bulatan klepon kemudian isi dengan irisan gula merah. 
  5. Bentuk lagi adonan menjadi bulat hingga gula merah berada di bagian dalam. 
  6. Masukkan ke dalam air mendidih hingga adonan mengapung. 
  7. Angkat dari dalam air dan tiriskan.
  8. Letakkan klepon di dalam parutan kelapa. 
  9. Ambil klepon yang sudah diselimuti parutan kelapa. Sajikan. 

Share this:

Disqus Comments