Membuat Tempe Bacem

Membuat Tempe Bacem

Siapa yang tidak mengenal tempe? Makanan yang satu ini sudah mendarah daging bagi bangsa Indonesia. Entah kapan tempe mulai dikenal, tapi yang jelas industri tempe telah berkembang bukan saja di Jawa tapi juga di luar Jawa. Bahkan industri tempe juga ada di Negara Timor Leste yang dulu merupakan salah satu bagian dari propinsi di Indonsia.

Tempe terbuat dari kedelai yang difermentasikan. Sebelum diolah, kedelai dicuci bersih dalam air mengalir. Kemudian kedelai di rebus hingga mengembang dan kulit arinya terpisah. Setelah dibersihkan kulit arinya, maka kedelai diangin-anginkan sampai dingin. Kedelai yang masih panas tidak boleh langsung diproses karena  tidak akan pernah menjadi tempe.

Setelah dingin barulah ditaburkan ragi tempe dan diaduk agar ragi tercampur merata pada tempe. Kedelai kemudian dibungkus dengan daun pisang ataupun plastik dengan ukuran sesuai selera. Adonan yang sudah dibungkus ini dibiarkan selama semalam hingga memadat dan dikenal sebagai tempe.

Tempe bukan saja bisa diolah sebagai lauk pauk, seperti tempe bacem, orek tempe, kering tempe, sayur tempe dll. Tapi tempe juga sering kali diolah menjadi berbagai camilan seperti keripik tempe dan sejenisnya. Bahkan ada juga yang mengolahnya menjadi sate tempe ataupun burger tempe. Ini karena tempe mengandung protein nabati yang tinggi.

Tempe bacem merupakan salah satu olahan tempe yang biasa di masak oleh masyarakat Jawa. Ini karen tempe tidak tahan lama. Jadi orang Jawa berinisiatif memasaknya agar bisa disimpan lebih lama. Untuk membuat tempe bacem diperlukan bahan berupa tempe dan air kelapa agar rasanya gurih. Sebagai bumbunya diperlukan bawang merah, bawang putih, ketumbar, salam, laos dan sereh.

Tempe yang sudah dipotong-potong dimasak bersama air kelapa dan gula merah. Kemudian ditambahkan bumbu yang dihaluskan berupa bawang merah, bawang putih , ketumbar dan garam. Tambahkan juga bumbu yang cukup di memarkan saja seperti laos dan sereh. Jangan lupa menambahkan daun salam agar harum.

Untuk memasak tempe bacem ini tidak memerlukan waktu yang lama. Kira-kira 30 menit atau tergantung banyak tidaknya tempe yang dimasak. Setelah air kelapa berkurang dan mengental kita perlu mengaduk agar bumbu merata pada tempe. Warna tempe akan menjadi kecoklatan. Masak terus hingga air habis.

Diamkan beberapa saat hingga bumbu meresap pada tempe. Setelah itu baru digoreng dengan minyak panas hingga kecoklatan. Tempe bacem pun siap di sajikan. Tempe bacem ini rasanya manis seperti masakan Jawa lainnya.


Share this:

Disqus Comments