Khasiat Tersembunyi Garam Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Khasiat Tersembunyi Garam Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Garam merupakan benda yang sangat esensial bagi kehidupan. Namun ternyata tidak hanya sebagai bahan penambah rasa pada masakan, garam juga memiliki khasiat tersembunyi untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Di antara khasiat tersembunyi garam untuk kesehatan selain sebagai bahan penambah rasa pada masakan yang perlu kita ketahui adalah seperti di bawah ini:
  1. Sebagai pengganti cairan tubuh. Olah raga merupakan kegiatan yang dapat menguras cairan tubuh dengan banyaknya keluar keringat. Akibatnya badan akan terasa lemas dan kadang disertai pusing. Selain minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang telah hilang, ada cara lain yang alami dengan menggunakan garam. Sediakan garam, teh bubuk, dan segelas air putih. Didihkan segelas air putih, lalu setelah mendidih matikan api lalu masukan teh. Diamkan selama dua menit agar tehnya larut kemudian saring. Tambahkan 1 sendok teh garam lalu aduk dan minum.
  2. Meredakan panas dalam. Garam dapat dijadikan sebagai minuman pereda panas dalam yang alami. Caranya siapkan 1 sendek teh garam, buah lemon, jeruk nipis, madu, dan segelas air matang. Peras lemon dan jeruk nipis ke dalam gelas, tambahkan garam dan 1 sendok madu. Tambahkan air matang hangat lalu aduk rata dan minum.
  3. Mencerahkan kuku. Siapkan garam, baking soda, dan lemon. Peras lemon ke dalam mangkuk, tambahkan garam dan sejumput baking soda. Oleskan ramuan ini di atas kuku dan lakukan seminggu sekali.
  4. Meredakan influenza. Untuk meredakan influenza, silahkan rendam kaki dengan air hangat dengan ditambahkan garam. Menurut ahli refleksi, kaki memiliki 72 ribu ujung saraf yang menghubungkan argan lain di tubuh. Dengan merendam kaki dengan air garam dapat membuat saraf-saraf menjadi rileks dan menghantarkan hangat ke seluruh tubuh.
  5. Membersihkan permukaan strikaan. Jika permukaan strikaan Anda lengket, siapkan kertas koran dan taburkan garam di atas kertas koran. Kemudian panaskan strikaan dan gosok-gosokan di atas kertas koran yang sudah ditaburi garam dengan arah memutar. Maka dalam sekejap permukaan strikaan Anda akan tampak seperti baru lagi.
  6. Garam juga dapat digunakan untuk memadamkan api. Garam berfungsi meredam oksigen sehingga dapat memadamkan api. Taburkan garam ke atas api hingga api padam.
  7. Garam juga dapat digunakan untuk membersihkan wajan yang gosong dan berkarat. Taburkan garam ke atas permukaan wajan yang gosong dan berkarat lalu tambahkan air. Air garam akan mengikis bekas terbakar serta karat dan minyak. Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air bersih dan gosok dengan spon.
Demikianlah beberapa khasiat tersembunyi garam untuk kesehatan dan lainnya yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Share this:

Disqus Comments