Khasiat Kacang Tanah Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Khasiat Kacang Tanah Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Kacang tanah merupakan tanaman polong-polongan yang banyak ditanam di Indonesia. Kacang tanah merupakan tanaman jenis perdu yang berasal dari benua Amerika yang tumbuh dengan tinggi sekitar 30 - 50 cm dengan masa tanam 90 hari sampai siap dipanen.

Karena kacang ini tumbuh di dalam tanah, maka orang menyebutnya sebagai kacang tanah. Setelah kacang siap dipanen, kacang dicabut dari tanah kemudian dipisahkan dari daunnya dan dibersihkan dari tanah yang tersisa kemudian dikeringkan untuk menghilangkan kelembabannya.

Kacang tanah kaya akan lemak sehat, aneka protein penting, zat besi, vitamin E, serta kalium. Berikut adalah ramuan berbahan dasar kacang tanah untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Siapkan bahan-bahan dan alatnya sebagai berikut:
  1. Siapkan daun kacang tanah dan air.
  2. Siapkan kompor, panci, saringan, dan gelas.
Cara membuatnya:
  • Panaskan air sampai mendidih kemudian masukan daun kacang tanah secukupnya ke dalam air dan aduk sesekali.
  • Jika warna daunnya sudah berubah kecoklatan, angkat dan saring ke dalam gelas.
  • Dinginkan air rebusannnya kemudian minum.
Daun kacang tanah mengandung fitosterol yang dapat menstabilkan kadar gula dalam darah. Minumlah ramuan ini ketika Anda merasa gejala kolesterol tinggi seperti pusing dan pegal di area leher. Anda pun bisa meminumnya secara rutin seminggu sekali bagi yang memiliki pola makan tinggi lemak.

Semoga bermanfaat.

Share this:

Disqus Comments