Khasiat Dan Manfaat Tersembunyi Jambu Biji Untuk Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Tersembunyi Jambu Biji Untuk Kesehatan

Jambu merupakan jenis tanaman yang banyak ditanam dipekarangan. Selain jadi penghias pekarangan, buah yang dihasilkan bisa menjadi tambahan bahan asupan gizi buat keluarga. Jambu biji meupakan tumbuhan dengan cabang yang banyak dan tergolong sebagai tumbuhan liar. Jika buahnya sudah berwarna kekuningan berarti buahnya sudah matang.

Buah jambu biji memiliki banyak vitamin dan serat sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Warna daging jambu biji yang merah mengindikasikan bahwa buah jambu biji kayak akan vitamin A dan antioksidan. Selain dapat dikonsumsi sehari-hari, ternyata jambu biji memiliki manfaat yang tersembunyi yang perlu kita ketahui.
  1. Penghilang Komedo. Siapkan daun jambu biji muda, air, dan minyak zaitun. Kemudian blender daun jambu biji muda dan tambahkan minyak zaitun lalu tambahkan sedikit air agar mudah dihaluskan dan blender sampai halus. Lalu tuangkan ramuannya ke dalam mangkuk. Zat astringent dalam daun jambu biji dapat meningkatkan tekstur kulit menjadi lebih kencang. Kandungan antioksidan seperti vitamin A dan C serta potassium juga membantu detoksifikasi agar kulit terjaga kelembapannya. Cara penggunan ramuannya balurkan ke seluruh permukaan wajah dan tekan-tekan pada bagian hidung atau bawah bibir yang biasanya banyak terdapat komedo, pijat-pijat halus lalu bilas. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal, wajah kencang dan bersih tanpa komedo.
  2. Mengobati luka. Siapkan daun jambu biji, kuntum bunga jambu biji, dan minyak kelapa. Haluskan daun jambu biji dan kuntum bunga dengan ulekan lalu tambahkan minyak kelapa lalu taruh hasil ulekan di dalam mangkuk. Daun jambu biji juga mengandung zat anti radang dan anti virus serta vitamin C yang berperan membentuk kolagen secara alami yang berguna untuk penyembuhan luka. Oleskan pada bagian yang luka dan biarkan sampai mengering kemudian bilas dengan air hangat.
  3. Menjaga kadar gula darah. Siapkan 2 buah jambu biji, kayu manis, dan air. Potong-potong buah jambu biji menjadi 4 bagian kemudian rebus dan tambahkan kayu manis sampai air berubah warna dan mengeluarkan aroma wangi. Lalu saring air ke dalam gelas dan biarkan sampai dingin. Minumlah 2 kali sehari secara teratur. Kandungan serat pektin dalam jambu biji dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. 
Demikian beberapa khasiat dan manfaat tersembunyi dari jambu biji untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Semoga bermanfaat.

Share this:

Disqus Comments