Jual Rumah Sertifikat Hak Milik

Jual Rumah Sertifikat Hak Milik

Untuk membeli sebuah rumah dijual di Jakarta Selatan, maka hal-hal yang harus diperhatikan adalah salah satunya adalah status kepemilikan dari rumah tersebut. Apakah sudah bersertifikat hak milik atau malah hanya sertifikat hak guna bangunan atau lebih parahnya tidak bersertifikat yang jelas siapa yang punya.

Lalu untuk apa fungsinya semua ini? Yaitu untuk memberikan rasa aman kepada pemiliknya bahwasannya dirinya lah yang memiliki rumah tersebut dan sah secara hukum yang berlaku sehingga jikalau ada klaim atas sengketa bisa tenang karena memiliki bukti kepemilikan yang sah.

Namun saat ini masih banyak rumah yang dijual tanpa sertifikat yang jelas. Biasanya jenis rumah tersebut dihargai dengan cukup murah. Berbeda dengan rumah yang bersertifikat hak milik, tentu harganya pun cukup mahal sesuai dengan harga rumah pada umumnya. Itulah salah satu fungsi utama dari rumah yang bererfitikat tersebut.

Jual beli rumah di Indonesia biasanya sudah wajib memiliki sertifikat supaya tidak menjadi masalah di kemudian hari bagi si pembeli, karena bisa saja tanpa sepengetahuannya ada orang yang mengklaim memiliki rumah tersebut. Biasakan ketika hendak membeli rumah yang belum ada sertifikatnya, maka harus diurus dulu surat-suratnya tersebut sebelum rumahnya jatuh ke tangan pembeli dengan si pemilik awalnya yang membantu mengurusi sertifikatnya.

Selain itu, sertifikat dari rumah yang dijual tersebut pun bisa dijadikan jaminan ke bank untuk meminjam sejumlah uang yang bisa digunakan untuk membuka sayap usaha. Jadi upayakan atau prioritaskan membeli rumah yang sudah memiliki sertifikat terlebih dahulu ketimbang yang masih kosong. Jadi ngurusnya tinggal balik nama saja tidak mengurus suratnya dari awal yang bisa memakan waktu cukup lama dan tentunya, wasting time banget kan?

Menjual rumah dengan sertifikat hak milik juga memberikan kepercayaan tinggi kepada penjual karena menjelaskan bahwa rumah yang dijualnya ini adalah sebenar-benarnya rumah yang dimilikinya bukan atas nama orang alain ataupun bukan kepunyaan orang lain. Dengan demikian, transaksi bisa berjalan dengan baik. Pihak penjual dan pembeli pun sama sama mendapatkan keuntungan yang saling menguntungkan tidak sebelah pihak saja.

Ini merupakan artikel review. Segala bentuk dan akibat yang timbul atas materi di atas, sepenuhnya adalah tanggung jawab Urbanindo.com. Terima Kasih!

Share this:

Disqus Comments