Beberapa Manfaat Dan Olahan Rumput Laut Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Dan Olahan Rumput Laut Untuk Kesehatan

Rumput laut dikenal juga dengan alga yang tidak memiliki akar, batang, dan daun sejati. Karena tidak memiliki akar, batang, dan daun, rumput laut tumbuh menempel pada substrat seperti tali seperti yang umum digunakan oleh para nelayan. Rumput laut segar akan dijemur sekitar 2-3 hari dan beratnya akan menurut sekitar 70% dan siap untuk diolah. Rumput laut memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang sangat bagus bagi kesehatan tulang ataupun bisa sebagai alternatif untuk menu diet bagi yang ingin kurus.

Manfaat rumput laut yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan seperti beberapa di bawah ini beserta olahan yang tentunya berbahan dasar rumput laut.
  1. Penurun Berat Badan. Siapkan rumput laut yang sudah berupa nori, lemon, bawang bombay, selada, dan cuka beras serta minyak zaitun. Iris-iris daun selada dan masukan ke dalam mangkuk. Iris juga bawang bombay serta sobek-sobek nori kemudian tempatkan di atas selada di dalam mangkuk. Beri perasan lemon dan minyak zaitun kemudian aduk rata dan hidangkan. Kandungan alginate dalam rumput laut dapat menekan proses pencernaan lemak di dalam usus sehingga melawan obesitas.
  2. Menguatkan Tulang. Siapkan segenggam rumput laut basah, garam, gula pasir, wijen, dan minyak wijen. Robek-robek rumput laut basah kemudian tempatkan di dalam mangkuk. Tambahkan sejumput garam dan gula pasir kemudian tambahkan satu sendok teh minyak wijen lalu sejumput wijen dan hidangkan. Kalsium dalam rumput laut 5 kali lebih besar dari susu. konsumsi olahan tadi secara teratur misalnya seminggu sekali untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, kuku, dan rambut.
  3. Mengatasi Selulit. Siapkan rumput laut, garam, minyak jaitun, dan minyak kelapa. Haluskan rumput laut dengan blender namun jangan terlalu cair lalu tuangkan ke dalam mangkuk. Tambahkan sejumput garam, 1 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok minyak kelapa kemudian aduk rata. Kemudian oleskan dengan rata ramuan tadi ke bagian yang memiliki selulit kemudian bungkus dengan plastik wrap dan biarkan selama 2 jam. Rumput laut mengandung kolagen tinggi yang berguna untuk memperbaiki elastisitas kulit.
Demikianlah beberapa manfaat rumput laut dan olahan rumput laut yang bisa kita buat untuk kesehatan secara alami.

Semoga bermanfaat.

Share this:

Disqus Comments