Tidak Setuju Dengan Kebijakan Tertentu? Ajukan Petisi Melalui Change.org

Tidak Setuju Dengan Kebijakan Tertentu? Ajukan Petisi Melalui Change.org

Beberapa waktu yang lalu dunia digegerkan dengan adanya sebuah keputusan yang kurang adil kepada Legenda hidup Valentino Rossi terkait indisen di Sirkuit Sepang - Malaysia. Bagaimana tidak, lantaran kecelakaan yang dialami Marques, Rossi harus menerima pinalty berupa pengurangan 3 point dan harus start di posisi paling buntut.

Para penggemar Rossi tidak terima dengan keputusan yang dianggap sepihak tersebut, alasannya jelas. Ini merupakan keputusan yang terlalu subyektif. Merasa tidak adil, para fans akhirnya menulis sebuah PETISI yang ditujukan kepada manejemen supaya membatalkan keputusannya tersebut. 

Dalam cerita singkat diatas ada sebuah kata PETISI, sebagian orang mungkin sudah sangat familiar dengan kata tersebut, namun bagi sebagian orang juga masih tabu dengan kata petisi. lalu apakah sebenarnya arti petisi?

APA SIH ARTI PETISI?
Petisi adalah pernyataan yang disampaikan kepada pemerintah untuk meminta agar pemerintah mengambil tindakan terhadap suatu hal. Hak petisi ada pada warga negara dan juga badan-badan pemerintahan, seperti kotapraja, kabupaten dan provinsi agar pemerintah pusat membela atau memperjuangkan kepentingan daerahnya.

Petisi juga berarti sebuah dokumen tertulis resmi yang disampaikan kepada pihak berwenang untuk mendapatkan persetujuan dari pihak tersebut. Biasanya, hal ini ditandatangani oleh beberapa orang, menunjukkan bahwa sekelompok besar orang mendukung permintaan yang terdapat dalam dokumen. Di beberapa negara, hak masyarakat untuk mengajukan petisi dilindungi oleh hukum.

MENGAJUKAN PETISI MELALUI Change.org, APA INI?
Change.org Change.org adalah platform petisi terbesar di dunia yang memberdayakan orang di mana pun untuk menciptakan perubahan yang ingin mereka lihat. lebih jelasnya situs ini sengaja dibuat oleh beberapa orang untuk memfasilitasi orang-orang diseluruh dunia untuk dapat membuat petisi yang ditujukan kepada pembuat kebijakan supaya mau merubah kebijakan tersebut.

Situs ini dinilai dapat membawa perubahan karena telah didukung oleh sedikitnya 124.678.407 orang diseluruh dunia, orang-orang tersebut telah berpartisipasi dalam perubahan melalui Change.org

MEMANGNYA PETISI MELALUI Change.org BERPENGARUH?
Mungkin jawaban dari Desmarita Murni Sang Communications Director Change.org yang tinggal di Jakarta Selatan ini bisa memberikan gambaran bagaimana Change.org bekerja, Jawaban ini asli dari email yang dikirimkan kepada saya :

Di antara banyak pertanyaan, satu yang paling sering dilontarkan kepada saya adalah “Emangnya petisi ngaruh?

Ini sebuah cerita dari Timur Indonesia:

Saat kembali ke Maluku dari Jogja, Djali Gafur menemukan bahwa tarif data internet bisa 2-3 kali lipat dibanding Jawa. Ia tak tinggal diam. Pemuda asal Maluku ini mempetisi salah satu penyedia layanan telekomunikasi terbesar untuk turunkan tarif internet di Indonesia Timur.

Dalam waktu singkat, 16 ribu lebih orang mendukung petisinya. Perusahaan pun merespon petisi, bahkan Menkominfo Rudiantara langsung menghubungi Djali secara langsung guna mencari solusi.

Akhirnya, Menkominfo menginstruksikan provider untuk menurunkan tarif data Internet, perlahan dimulai dari 4 - 34 persen sesuai dengan zona. Petisi berhasil!

APA YANG MEMBUAT PETISI DIATAS BANYAK DIDUKUNG ORANG?

“Warga di sini butuh akses internet yang manusiawi, murah lebih baik, lelet dikit engak masalah, biar akses informasi, pendidikan, pariwisata, pemerintahan, industry kreatif dan geliat ekonomi bisa hidup,“ tulis Djali dalam petisinya www.change.org/telkomsel.

Apa yang Djali rasakan ternyata juga dialami oleh banyak orang. Ketika menyampaikan sebuah masalah, yakinlah bahwa kita tak sendiri.

Jika tak ada Djali yang memulai petisi dan orang-orang seperti trigus yang mendukung, mungkin perubahan akan lebih lama atau bahkan tak akan terjadi.

Sekecil apapun, kalau bersuara bersama, pasti berdampak. Karena itu, mari mendukung gerakan-gerakan yang dimulai oleh ribuan orang. trigus juga bisa memulai kampanye di sini.

BAGAIMANA CARA SAYA MENGAJUKAN PETISI?
Itu sangat mudah untuk dilakukan, yang perlu anda lakukan adalah segera menuju ke Change.org. Di situs tersebut anda tinggal mendaftarkan diri (bisa daftar melalui facebook dan email), lalu mulai petisi anda. Jangan lupa ajak orang-orang supaya berkenan untuk menandatangani petisi anda secara online. (Untuk cara lengkap mengajukan petisi melalui Change.org dikesempatan yang akan datang akan saya tulis. Tunggu saya ya!).

Share this:

Disqus Comments