Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Banyak mitos yang berkembang bahwa ibu hamil harus mengkonsumsi lebih banyak makanan seakan-akan untuk dua orang. Namun faktanya, bukan menambah forsi makan, namun sebenarnya menambah nilai gizi dengan mengkonsumsi makanan dengan nilai gizi yang baik untuk perkembngan janin dan kesehatan ibu.

Sebaiknya makan dengan porsi sedikit namun dengan intnsitas yang lebih sering. Apalagi jika pada menjelang akhir kehamilan, ibu hamil harus 'mempersiapkan tenaga' menjelang persalinan.

Untuk itu ibu hamil harus menerapkan pola makan yang baik dengan asupan nutrisi yang tepat agar janin yang dikandung sehat serta ibu hamil memiliki energi yang cukup untuk persalinan. Saat melahirkan, ibu harus memiliki tenaga yang cukup untuk mengeluarkan janin dari dalam kandungan. Otot-otot yang ada di sekitar pinggul, rahim, dan perut akan bekerja keras selama proses persalinanan. Jika kondisi ibu hamil tidak memiliki energi yang cukup, maka proses melahirkan akan menjadikan sebuah proses yang melelahkan dan menyakitkan.

Sehingga pada saat menjelang persalinan, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan pemilihan gizi yang tepat agar dapat mengurangi masalah kehamilan menjelang persalinan serta membantu mempersiapkan tubuh untuk menghadapi persalinan dan mengoptimalkan perkembangan janin.

Ada beberapa makanan yang disarankan untuk  dikonsumsi ibu hamil menjelang persalinan, di antaranya:
  • Buah Kiwi - Kiwi kaya akan vitamin C dan serat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, serta membuat ibu hamil lebih segar dan prima. Vitamin C juga dapat melindungi Anda dari serangan infeksi. Buah kiwi juga mampu mengurangi mual karena morning seckness. Buah kiwi juga mengandung acid folik yang cukup tinggi yang sangat dibutuhkan para wanita hamil dan janinnya. Mengkonsumsi buah kiwi saat sedang hamil dapat menghindarkan bayi terlahir dengan keadaan cacat saraf atau cacat mental.
  • Sarden dan Salmon - Ini berguna dalam mempersiapkan kualitas ASI untuk bayi. Sarden dan Salmon kaya akan DHA untuk menjaga kualitas ASI dan juga bermanfaat bagi perkembangan otak bayi. Namun sebaiknya ibu hamil menghindari untuk mengonsumsi ikan mentah agar terhindar dari kontaminasi bakteri.
  • Apel dan Pisang - Mengkonsumsi buah-buahan seperti pisang atau apel, selain memberikan rasa manis, apel dan pisang juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat menambah energi untuk persalinan
Namun tentunya meskipun makanan-makanan tersebut berguna untuk ibu hamil menjelang persalinan, maka hendaklah dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan serta dikonsumsi secara teratur.


Share this:

Disqus Comments