Membuat Es Puter Sendiri Di Rumah

Membuat Es Puter Sendiri Di Rumah

Masih ingat sama jajanan yang satu ini? Atau sampai saat ini Anda masih menjadi penggemar jajanan ini? Es Puter atau mungkin Anda mengenalnya sebagai es nong nong atau es dung dung yang merupakan salah satu jajanan tradisional yang cukup digemari karena rasa dan penyajiannya mirip dengan es krim.

Di sebut dengan es puter karena cara membuatnya dengan diputar-putar dan disebut pula dengan es nong nong atau es dung dung karena tukang penjual es ini selalu membawa kenong yang terbuat dari kuningan yang selalu dipukul-pukul ketika berkeliling menjajakan dagangannya dengan gerobak dorong dan mengeluarkan bunyi "nong...nong...nong" atau mungkin sebagian orang mendengarnya "dung...dung...dung..."

Nah jika ternyata di daerah Anda sudah susah menemukan tukang es puter ini, Anda bisa membuat es puter sendiri di rumah dengan peralatan yang Anda miliki.

Untuk membuat es puter sendiri di rumah, siapkan bahan dan alat seperti di bawah ini:
  • Siapkan mixer untuk mengocok adonan beku dan kulkas untuk membekukan adonan.
  • 1 liter susu cair
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 1/2 sendok teh bahan perasa makanan sesuai selera Anda seperti essens buah nangka, durian, atau strawberry.
  • 1/2 sendok teh vanilli bubuk
  • Buah-buahan sesuai dengan perasa makanan yang digunakan, dipotong dadu.
Cara membuatnya:
  1. Panaskan susu cair bersama dengan gula pasir sambil diaduk-aduk hingga mendidih hingga gula pasir benar-benar larut, kemudian angkat.
  2. Cairkan tepung maizena dengan sedikit air kemudian masukan ke dalam larutan susu dan gula tadi bersama dengan essens dan vanilli, lalu aduk hingga dingin.
  3. Kemudian tuangkan campuran tadi ke dalam sebuah plastik dan ikat ujung plastiknya kemudian masukan ke dalam freezer hingga beku.
  4. Setelah beku, adonan dikeluarkan dari freezer lalu pukul-pukul campuran susu tersebut hingga pecah-pecah. Kemudian masukan ke dalam mixer lalu kocok dengan kecepatan lambat.
  5. Masukan kembali campuran tadi ke dalam kantong plastik kemudian bekukan lagi.
  6. Setelah beku, keluarkan lagi dan pukul-pukul hingga pecah lalu kocok dengan mixer, lakukan hal yang sama berulang-ulang hingga 4 - 5 kali sampai terbentuk tekstur es yang halus atau lembut.
  7. Sajikan es dengan potongan buah yang tadi sudah dipersiapkan.
Nah, mudah bukan cara membuatnya? Hanya perlu sedikit usaha untuk membuat es puter ini kembali ke kenangan Anda masa kecil. Kenalkan buah hati Anda pada jajanan tradisonal favorite Anda ini.

Selamat mencoba...

Share this:

Disqus Comments