Khasiat Bunga Melati Sebagai Herbal Untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Melati Sebagai Herbal Untuk Kesehatan

Ternyata tidak hanya untuk syarat sebuah ritual saja, melati juga memiliki beberapa khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit sehingga layak untuk dijadikan sebagai koleksi tanaman herbal Anda.

Melati merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur di tanah yang gembur dan mendapat cukup sinar matahari yang dapat dikembangbiakan dengan cara di-stek. Melati dapat berbunga sepanjang tahun dan bunganya dapat digunakan untuk berbagai keperluan termasuk untuk mengobati beberapa penyakit.

Ada beberapa khasiat melati sebagai tanaman herbal, di antaranya:
  • Mengobati Bengkak Akibat Sengatan Lebah - Remas-remas sampai halus segenggam bunga melati kemudian tempelkan pada bagian yang terkena sengatan.
  • Mengobati Demam Dan Sakit Kepala - Rendam 1 genggam daun melati dan 10 buah bunga melati kemudian remas-remas. Gunakan air rendamannya untuk mengompres demam dan sakit kepala.
  • Menghentikan ASI Yang Keluar berlebihan - Tumbuk segenggam daun melati sampai halus, kemudian tempelkan seputar buah dada setiap pagi sebelum mandi.
  • Mengobati Sakit Mata Merah Atau Belekan - Tumbnuh segenggam daun melati sampai halus lalu tempelkan pada dahi. Ganti dengan yang baru jika sudah kering, lakukan berulang-ulang sampai sembuh.
  • Meringankan Sesak Napas - Rebus 20 lembar daun melati dan sedikit garam dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Saring dan tempelkan di seputaran dada pada pagi hari sebelum mandi. Lakukan secara rutin.

Demikianlah beberapa khasiat dari melati yang bisa dijadikan sebagai tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan.

Semoga bermanfaat....

Share this:

Disqus Comments