Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan Sebagai Tanaman Herbal

Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan Sebagai Tanaman Herbal

Mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui alpukat sebagai minuman juice atau es campur, namun ternyata alpukat memiliki beberapa khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit sehingga layak disebut sebagai tanaman herbal juga.

Tidak hanya daging saja yang bisa dimanfaatkan, daun serta bijinya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Buah alpukat yang masak memiliki daging buah yang lunak dan berlemak. Biasanya daging buah dimakan sebagai es campur dan es jus, sedangkan minyaknya digunakan untuk kosmetik kecantikan.

Ada beberapa penggunaan alpukat untuk kesehatan sebagai tanaman herbal di antaranya untuk mengobati beberapa penyakit seperti di bawah ini.
  • Mengobati bengkak karena peradangan - Tumbuk bijinya dengan sedikit air sampai halus sehingga seperti adonan bibir lalu balurkan ke bagian yang sakit.
  • Darah tinggi - ambil 3 lembar daun alpokat dan cuci bersih. Seduh dengan 1 gelas air panas, lalu setelah dingin minum airnya.
  • Kencing batu - siapkan 4 lembar daun alpukat, 3 rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula aren. Rebus semua bahan tadi dengan 3 gelas sampai tersisa 2 gelas. Saring dan setelah dingin diminum 3 kali sehari 1 gelas.
  • Kencing manis - biji alpukat dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil. Kemudian rebus sampai warna air menjadi kecoklatan. Setelah dingin, saring dan minum.
  • Kulit muka kering - Blender daging buah sampai halus lalu jadikan sebagai masker. Setelah lapisan masker alpukat kering, silahkan basuh dengan air bersih.
Demikian beberapa kegunaan alpukat sebagai tanaman herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Pohon alpukat biasa di tanam di kebun namun banyak juga ditanam di pekarangan rumah.

Share this:

Disqus Comments