Daun Sendok, Gulma Yang Dapat Menyembuhkan Penyakit

Daun Sendok, Gulma Yang Dapat Menyembuhkan Penyakit

Gulma adalah tanaman atau tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan (terutama oleh petani) karena dapat menurunkan hasil produksi tanaman pokoknya. Tumbuhan-tumbuhan ini biasanya muncul di antara tanaman pokok seperti padi, jagung, singkong, dan lainnya.

Namun bukan hanya hidup sebagai pengganggu, beberapa jenis gulma merupakan tanaman herbal yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Seperti yang satu ini yaitu Daun Sendok. Biasa hidup di antara tanaman teh dan karet, atau tumbuh liar di hutan-hutan atau padang rumput yang lembab.

Tumbuhan Daun Sendok memiliki ciri-ciri berdaun tunggal bertangkai panjang mirip sebuah sendok, itulah kenapa tumbuhan ini disebut Daun Sendok. Bisa dikembangbiakan dengan biji yang dihasilkan dari bunga.

Pemakaian Daun Sendok sebagai herbal adalah sebagai di bawah ini:
  1. Untuk menyembuhkan batuk sesak dan batuk darah - ambil herba daun sendok seberat kira-kira 60 gram lalu cuci bersih. Kemudinan tambahkan air lalu tim herba daun sendok tadi dan tambahkan 30 gram gula batu. Setelah 15 menit angkat dan minum selagi hangat.
  2. Untuk mengobati disentri basiler dan diare - ambil dan cuci 30 gram herba daun sendok lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring dan diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.
  3. Mengobati disentri panas - tumbuk halus herba daun sendok lalu peras airnya sampai mendapat 1 gelas air perasan. Tambahkan 2 sendok madu lalu aduk hingga merata. Kemudian tim air perasan tadi sebentar lalu minum selagi hangat.
  4. Mengobati kencing berdarah - tumbuk halus herba daun sendok dan peras airnya hingga terkumpul 1 gelas kemudian minum sebelum makan.
  5. Untuk melancarkan kencing - rebus 6 ons herba daun sendok dan gula batu secukupnya dengan 3 liter air sampai air rebusan tinggal separuh. Lalu minum seperti minum air teh.
  6. Untuk mimisan - seduh 15 gram herba daun sendok dengan air panas. Setelah dingin, peras dan saring. Minum air perasannya.

Namun tidak hanya herba-nya saja yang bisa dimanfaatkan, akar dan biji daun sendok juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit lainnya seperti keputihan, nyeri otot, beri-beri, darah tinggi, cacingan, dan lain-lain.

Share this:

Disqus Comments