Mengenal Tumbuhan Kaki Kuda Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Tumbuhan Kaki Kuda Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tumbuhan Kaki Kuda merupakan tumbuhan liar yang hidup di seluruh Indonesia yang menyukai tanah yang agak lembab dan mendapat cukup sinar matahri atau tempat yang teduh seperti di padang rumput, pinggir selokan, sawah, dan sebagainya.

Memiliki nama ilmiah Centella Asiatica, tumbuhan Kaki Kuda juga memiliki berbagai nama yang berbeda di antaranya: pegagan, gagan-gagan, rendeng, kerok batok (Jawa), Daun Kaki Kuda (Indonesia), Pegaga (Ujung Pandang), Antanan gede, Antanan rambat (Sunda), Daun Tungke (Bugis) Kos Tekosan (Madura), dan Kori-kori (Halmahera).

Memiliki daun yang mudah dikenali seperti telapak kaki kuda, karena itulah maka disebut sebagai daun Kaki Kuda dan memiliki bunga yang berwarna putih atau merah muda.

Ternyata tumbuhan ini memiliki khasiat untuk kesehatan sehingga dapat memperkaya tanaman obat Anda yang bisa ditanam di sekitar rumah selain dapat digunakan sebagai sayuran lalap. Tanaman ini berguna untuk menyembuhkan penyakit: typus, busung, sakit kepala, influenza, keracunan jengkol, dan ayan.

Cara pemakaian tumbuhan Kaki Kuda untuk dijadikan ramuan herbal seperti berikut ini:
  1. Ayan - Siapkan beberapa daun Kaki Kuda yang sudah kering dan gula aren secukupnya. Tumbuk halus daun Kaki Kuda kemudian seduh dengan air panas di dalam gelas lalu masukan gula aren secukupnya. Saring dan minum, lakukan berulang-ulang secara teratur.
  2. Busung - Siapkan akar, batang, dan daun Kaki Kuda, 3 batang alang-alang, dan 1 potong kulit kamboja. Semua bahan tadi direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1/2 gelas. Minum air rebusannya 3 kali sehari.
  3. Influenza - Tumbuk halus 1 genggam daun Kaki Kuda kemudian peras untuk mendapatkan airnya lalu tambahkan sedikit garam dan diminum.
  4. Keracunan Jengkol - Ambil 10 - 15 daun Kaki Kuda dan rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 setengah gelas lalu saring dan airnya diminum.
  5. Sakit Kepala - Rebus 1 genggam daun Kaki Kuda dan tambahkan jinten dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tinggal 1/2 gelas lalu saring dan tambahkan madu kemudian diminum.
  6. Typus - Kukus 1 genggam daun Kaki Kuda, 1/2 genggam daun jinten dan 5 batang tapak liman untuk diambil airnya. Tambahkan madu llu diminum.
Demikian beberapa khasiat daun tumbuhan Kaki Kuda untuk kesehatan. 

Semoga bermanfaat...

Share this:

Disqus Comments