Khasiat Mengkudu Untuk Kesehatan

Khasiat Mengkudu Untuk Kesehatan

Mengkudu atau di Jawa dikenal dengan nama Pace atau Kemudu atau Kudu serta orang Sunda menyebutnya Cengkudu merupakan tanaman yang termasuk dengan jenis kopi-kopian. Mengkudu merupakan tubuhan asli Indonesia yang tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan air laut.

Mengkudu merupakan tanaman yang sudah dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang dapat mengobati berbagai penyakit, di antaranya: hipertensi, sakit kuning, demam, influenza, batuk, sakit perut, serta menghilangkan sisik pada kaki.

Penggunaan mengkudu untuk herbal ini di antaranya:
  1. Mengobati batuk: 1 buah mengkudu direbus bersama dengan 1/2 genggam daun bujanggut dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Saring kemudian diminium 2 kali sehari pagi dan sore.
  2. Mengobati demam: 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih sampai tinggal 1 gelas kemudian disaring dan diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
  3. Mengobati hipertensi dan sakit kuning: 2 buah mengkudu masak di pohon diperas untuk diambil airnya. Campurkan air perasan tadi dengan 1 sendok makan madu lalu aduk sampai rata dan saring agar bersih. Diminum dan diulang 2 hari sekali.
  4. Menghilangkan sisik pada kaki: Bagian kaki yang bersisik digosok dengan buah mengkudu yang masak di poshon dan biarkan selama 5-10 menit. Kemudian bersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.
  5. Mengobati sakit perut: 2-3 lembar daun mengkudu ditumbuh halus, tambahkan garam secukupnya lalu seduh dengan air panas. Setelah dingin disaring kemudian diminum.
Demikian beberapa khasiat buah mengkudu untuk mengobati penyakit. Buah mengkudu yang telah masak memiliki aroma yang tidak sedap namun mengandung sejumlah zat yng berkhasiat untuk pengobatan di antaranya: morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril, dan soradiyiol.

Share this:

Disqus Comments