Khasiat Daun Tanduk Rusa Untuk Obat Abses Atau Bisul

Khasiat Daun Tanduk Rusa Untuk Obat Abses Atau Bisul

Abses adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh penimbunan nanah yang terjadi akibat suatu infeksi bakteri. Bakteri menyusup ke dalam jaringan sehat kemudian menyebabkan infeksi dengan sebagian sel mati dan hancur.

Kondisi tersebut meninggalkan rongga yang berisi jaringan dan sel-sel yang terinfeksi. Kemudian sel-sel darah putih yang berfungsi untuk pertahanan tubuh melawan infeksi akan bergerak ke dalam rongga tersebut. Setelah menelan bakteri, maka sel darah utih pun akan mati dan akan membetuk nanah dan akan mengisi rongga tersebut.

Abses bisa terbentuk di seluruh bagian tubuh dan yang paling sering ditemukan adalah di bagian bawah kulit. Abses sering membaik tanpa pengobatan dengan pecah sendiri dan mengeluarkan isinya. Namun untuk mempercepat penyembuhan, ada beberapa pengobatan herbal yang bisa dicoba, diantaranya dengan memanfaatkan daun paku tanduk rusa.

Paku Tanduk Rusa

Paku Tanduk Rusa dengan nama ilmiah paltycerium coronarium ini biasanya hidup menempel di tanaman lain dan sering dijadikan sebagai tanaman hias yang disimpan di halaman rumah.

Dan ternyata daun paku tanduk rusa tersebut dapat dijadikan sebagai bahan obat herbal untuk mengobati Abses, dan cara membuatnya pun cukup mudah, seperti di bawah ini.
  • Ambil 1 lembar daun tanduk rusa, 1 siung bawang merah dan adas pulawaras secukupnya.
  • Semua bahan ditumbuk halus.
  • Kompres pada bagian yang bengkak atau yang terkena abses.

Mudah bukan? Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu Anda.

Share this:

Disqus Comments