Bukan Sembarang Kentut Tapi Berkhasiat

Bukan Sembarang Kentut Tapi Berkhasiat

Sepertinya nama tanaman ini cukup provokatif. Bagaimana tidak, nama tanaman ini akan membuat orang reflek menutup hidungnya ketika mendengar namanya. Namun memang benar adanya, jika Anda tidak percaya silahkan remas daunnya dan Anda akan merasakan efeknya.

Adalah Daun Kentut, herba tahunan dengan batang memanjang dan berpangkal kayu dengan panjang rayapan mencapai 3 - 5 meter. Tumbuh liar di daerah lapangan terbuka, semak belukar, tebing sungai. Memiliki daun tungal yang panjangnya antara 1 - 5 cm yang letaknya saling berhadapan dengan bentuk lonjong telur dengan ujung runcing. Bunganya majemuk dan keluar dari ketiak daun atau ujung percabangan dengan mahkota bunga berwarna putih, bagian dalam tabung berwarna ungu gelap. Dan buahnya berwarna kuning mengkilap dengan bentuk bulat.

Jika daunnya diremas atau dimemarkan, maka akan mengeluarkan bau belerang atau seperti bau kentut. Itulah kenapa tanaman ini dinamakan daun kentut.

Seperti judul postingan ini, bukan sembarang kentut tapi berkhasiat, rupanya daun kentut ini memiliki khasiat dan digunakan untuk obat herbal untuk berbagai penyakit seperti: radang usus, bronkhitis, reumatik, tulang patah, keseleo, kejang, perut kembung, sakit kuning, disentri, batuk, keracunan organik, kencing tidak lancar, dan luka benturan.

Bagian yang dapat digunakan untuk obat herbal adalah seluruh bagian herba.

Cara pemakaian untuk mengobati penyakit seperti berikut ini:
  • Untuk Ekzema atau kulit gatal, ambil batang dan daun segar secukupnya, cuci bersih lalu giling sampai halus kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.
  • Untuk Herpes Zooster atau cacar ular, ambil daunnya lalu cuci dan tumbuk sampai menjadi bubur. Tambahkan sedikit air dan garam secukupnya lalu balurkan ke bagian yang sakit.
  • Untuk mata bengkak, silahkan ambil daun secukupnya dan cuci bersih kemudian rebus. Setelah mendidih silahkan diangkat. Bila sudah hangat, ilahkan gunakan daun yang direbus tadi untuk mengompres mata yang bengkak.
  • Untuk perut mulas karena masuk angin, Silahkan ambil daun secukupnya kemudian cuci dan buat sebagai sayur atau dikukus dan makan sebagai lalapan matang. Atau daun dilayukan di atas api kemudian tempelkan pada perut.
  • Untuk sakit lambung, disentri, dan perut kembung, silahkan ambil 60 gram daun segar lalu cuci dan tumbuk sampai menjdi bubur. Tambahkan 1 gelas air matang dan 1-2 sendok teh garam lalu aduk hingga rata kemudian disaring. Airnya diminum sebelum makan.
Sebagai catatan, setelah makan atau minum herbal ini akan menimbukan bau khas pada napas dan kencing.

Share this:

Disqus Comments