Membuat Kopi Biji Kurma Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Membuat Kopi Biji Kurma Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kurma merupakan tanaman tradisional yang penting dan juga merupakan makanan pokok di timur tengah seperti Turki, Iraq, Arab sampai Afrika Utara dan Maroko. Di negara-negara Islam, kurma merupakan makanan tradisional yang utama untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan, begitu pun di Indonesia. Begitu masuk bulan Ramadan, maka buah kurma dan berbagai makanan yang berbahan dasar kurma tersedia di mana-mana.

Namun ada 1 bagian buah kurma yang sering dianggap tidak penting yaitu biji kurma. Ketika seseorang memakan buah kurma, maka bisa dipastikan akan membuang bijinya. Padahal sebenarnya biji kurma ini dapat diolah lagi menjadi minuman yang menyehatkan dan juga menyegarkan. Kita bisa membuat minuman kopi yang menyehatkan sebagai pengganti kopi yang biasa kita minum yang tentunya mengandung kafein yang bisa merugikan tubuh.

Kandungan Zat Biji Kurma


Biji kurma mengandung banyak zat yang penting untuk tubuh, diantaranya 71,9 - 73,4 % karbohidrat, 5 - 6,3 % protein, dan 9,9 - 13,5 % lemak. Biji kurma juga mengandung banyak mineral lainnya yang baik untuk tubuh seperti kalium (K), magnesium (Mg), dan natrium (Na).

Dari beragam kandungan zat yang terdapat dalam biji kurma, maka biji kurma sangat baik untuk dijadikan bahan-bahan kesehatan yang dapat menangkal beragam penyakit berbahaya, diantaranya:
  1. Memberi energi instan
  2. Memulihkan energi Syahwat
  3. Menyembuhkan diabetes
  4. Memberikan energi kepada pria dan wanita
  5. Menghilangkan letih dan lesu
  6. Menghangatkan badan
  7. Mengendorkan saraf yang tegang
  8. Menyembuhkan kanker, keputihan, gatal-gatal dan masuk angin
  9. Menyembuhkan sakit perut
  10. Menyegarkan badan / tidak mengantuk
  11. Menyembuhkan darah tinggi, kolesterol, stroke dan goutt
  12. Menyembuhkan sakit kepala / migrain
  13. Melancarkan peredaran darah

Kopi Biji Kurma


Salah satu cara untuk dapat memanfaatkan kandungan zat yang terdapat dalam biji kurma yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah dengan menjadikan biji kopi sebagai minuman kopi. Nah jika Anda termasuk penggemar kopi, ini adalah hal yang bagus untuk mengganti kebiasaan minum kopi Anda dengan minuman yang menyehatkan.

Membuat Kopi Biji Kurma


Membuat kopi dari biji kurma ini cukup mudah, diantaranya:
  1. Kumpulkan dan cuci biji sampai bersih.
  2. Kemudian jemur biji kurma hingga kering.
  3. Sangrai hingga matang dan harum.
  4. Kemudian haluskan dengan cara ditumbuk.

Nah setelah menjadi bubuk halus, Anda bisa menyeduhnya seperti Anda menyeduh kopi. Bisa juga menambahkan gula, namun sebaiknya menggunakan gula bebas kalori.

Semoga bermanfaat...

Dirangkum dari berbagai sumber.

Share this:

Disqus Comments