Penyebab Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Apakah Anda termasuk orang yang tidurnya mendengkur? Atau Anda memiliki pasangan yang tidurnya mendengkur? Tentunya hal ini dapat mengganggku kualitas tidur kita atau pasangan kita. Hal ini akan mengganggu aktivitas keesokan harinya karena kurang tidur dan kelelahan. Nah berikut adalah penyebab tidur mendengkur dan beberapa tips cara mengatasinya.

Banyak orang yang tidurnya mendengkur atau mungkin kita sendiri yang tidurnya mendengkur. Mendengkur pada setiap orang ternyata berbeda-beda. Ada dengkuran umum atau normal dan ada pula dengkuran yang mengindikasikan seseorang yang memiliki gangguan tidur yang berbahaya yang dapat mengancam jiwa.

Penyebab Dengkuran

Mendengkur dapat terjadi jika seseorang tidur dengan kekurangan pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini terjadi karena dipicu oleh menyempitnya saluran udara baik di tenggorokan maupun lubang hidung. Suara mendengkur itu sendiri disebabkan oleh getaran yang dibuat udara ketika berusaha untuk masuk ke dalam tubuh melalui langit-langit mulut, lidah, dan otot-otot mulut dan tenggorokan lainnya. Jika udara yang masuk melalui hidung dan mulut tidak dapat bergerak bebas melalui hidung dan mulut, maka memungkinkan seseorang untuk mendengkur saat tidur.

Sangat penting bagi kita untuk mengetahui pola tidur dan dengkuran. Untuk mengetahuinya bisa meminta orang lain atau pasangan untuk memberitahu pola tidur kita ketika terjadi dengkuran. Jika Anda mendengkur hanya pada posisi terlentang dan terdengar normal maka cukup mengubah gaya hidup menjadi lebih baik. Namun jika mendengkur terjadi pada semua posisi tidur dengan dengkuran lebih parah, ini menunjukan bahwa Anda perlu penanganan yang benar dan serius.

Pria dan wanita memiliki resiko mendengkur yang berbeda. Pria memiliki saluran pernapasan di hidung dan mulut yang lebih sempit dibandingkan dengan wanita, jadi seorang pria lebih beresiko untuk mendengkur di saat tidur.

Faktor usia juga dapat mempengaruhi seseorang mendengkur di saat tidur. Gaya hidup yang tidak sehat, mengkonsumsi alkohol, dan merokok juga dapat menyebabkan seseorang mudah mendengkur. Hal ini juga bisa terjadi pada orang yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu pada saat akan tidur.

Kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat menyebabkan seseorang tidur mendengkur. Orang gemuk memiliki jaringan lemak yang lebih tebal dan banyak yang dapat memicu dengkuran.

Mengurangi Dan Menghindari Dengkuran

Untuk mengurangi atau menghindari tidur mendengkur, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Melakukan aktivitas fisik atau olah raga bisa berkontribusi untuk menurunkan resiko mendengkur di saat tidur karena dapat mengencangkan oto-otot di tenggorokan. Tidur dengan posisi menyamping juga dapat menghindari tidur mendengkur. Kemudian tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan agar dapat mempermudah pernapasan Anda ketika tidur.

Hindari minum minuman alkohok dan merokok serta mengkonsumsi obat-obatan penenang karena bisa mengendurkan otot-otot di hidung dan tenggorokan yang dapat menyebabkan dengkuran. Jika seseorang memerlukan obat penenang untuk tidur maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu karena ada beberapa obat penenang yang dapat memicu terjadinya dengkuran menjadi lebih parah.

Hindari untuk mengkonsumsi makanan berat dan cafein sebelum tidur setidaknya makan makanan berat 2 jam sebelum waktu tidur. Dan sebelum tidur, pastikan hidung Anda tidak tersumbat karena dapat mengganggu proses penghirupan udara pada waktu tidur. Jika hidung Anda tersumbat, coba untuk menghirup uap air panas atau minyak kayu putih, minum air jeruk nipis hangat, atau berkumur dengan air garam.

Penurut penelitian, ada juga alternatif lain untuk mengurangi dengkuran di saat tidur yaitu meniup alat musik tiup khususnya yang terbuat dari kuningan karena dapat lebih mengembangkan otot-otot hidung dan mulut.

Share this:

Disqus Comments