Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Diet

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Diet

Ada banyak cara yang dilakukan untuk memiliki tubuh langsing, baik oleh wanita maupun pria. Namun banyak yang melakukannya dengan cara salah , mencoba berbagai aneka pola diet, anjuran, atau nasihat untuk diet yang tidak lazim dilakukan sehingga bukannya tubuh langsing yang didapat tapi malah maut yang menjemput.

Meminum Banyak Air Putih

Minum air saat diet memang diperlukan. Minum air putih dapat menahan rasa lapar, namun jika mengkonsumsi air minum secara berlebihan justru dapat membahayakan jiwa. Minum 2 gelas air sebelum makan bisa membuat kita makan dalam porsi lebih sedikit. Kita tidak bisa mengandalkan air putih untuk menurunkan berat badan karena tubuh tetap memerlukan nutrisi dari makanan untuk beraktivitas. Selain itu, terlalu banyak minum akan menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman.

Perbanyak Makan Buah

Ternyata tidak semua buah-buahan baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang mencoba menurunkan berat badan. Karena ternyata ada juga buah yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Jadi sebaiknya pilihlah buah yang tepat untuk program diet Anda. Buah seperti mangga, pisang, melon, kurma, dan nanas merupakan contoh buah yang sangat manis yang secara otomatis rasa manis ini menunjukan bahwa buah-buahan ini memiliki kadar gula yang tinggi. Gula dapat menyebabkan penimbunan lemak yang otomatis akan menaikan berat badan Anda.

Makanan Pembakar Lemak

Kita sering mendengar banyak makanan yang dapat membakar lemak seperti gingseng, teh hijau, jeruk, cabai, dan beberapa lainnya. Namun menurut beberapa penelitian, ini adalah hanya sebuah mitos karena metabolisme tubuh akan benar-benar menyesuaikan dengan keadaan ini. Bilamana pun ada penurunan berat badan, ini tidak akan bertahan lama.

Makan Malam

Bagi sebagian orang yang melakukan diet, ada anggapan bahwa makan malam lewat jam 7 atau jam 8 malam adalah tidak baik untuk diet. Bahkan beberapa diantaranya rela untuk menahan lapar untuk tidak makan di atas jam 7 malam. Kenyataannya hal ini tidak sepenuhnya benar karena makan malam tidak akan mengganggu program diet asalkan tetap dalam porsi diet Anda. Pada intinya bukan jam berapa Anda makan, namun apa dan seberapa banyak porsi makanan yang Anda konsumsi dan aktivitas Anda selama hari itu.

Makan Nasi Beras Merah Dan Gandum

Salah satu cara yang banyak dilakukan dalam program diet adalah mengganti konsumsi bahan makanan ber-karboidrat dengan beras merah atau roti gandum atau pasta gamdum. Makanan-makanan ini mengandung lebih banyak serat, namun disaat mengkonsumsinya jangan menambahkan makanan berlemak seperti saus tomat atau keju.

Olah Raga

Olah raga adalah salah satu cara untuk mengatasi kegemukan, namun sayangnya banyak yang melakukannya dengan prosedur yang tidak benar. Banyak orang yang memporsir tenaga pada menit-menit awal agar keringat yang keluar langsung banyak. Padahal sebenarnya proses pembakaran lemak akan berlangsung pada setelah menit ke-20. Sehingga banyak orang yang justu keletihan pada menit-menit penting ini sehingga proses pembakaran lemak tidak berjalan maksimal.

Makanan Gorengan

Sebaiknya hindari makan makanan yang digoreng karena akan mengacaukan program diet Anda. Minyak untuk mengoreng makanan ini mengandung kalori tinggi dan asam lemak jenuh yang apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak akan menyebabkan kegemukan dan memicu berbagai penyakit. Namun ada makanan sumber lemak seperti oliv oil, alpukat, atau buah kenari yang justri diperlukan oleh tubuh.

Share this:

Disqus Comments