Manfaat Dan Kandungan Ceker Ayam Yang Perlu Diketahui

Manfaat Dan Kandungan Ceker Ayam Yang Perlu Diketahui

Ceker ayam, banyak orang yang menyepelekan bagian ayam yang satu ini dan kadang dianggap bagian yang tidak berguna dan sering dibuang. Namun apakah Anda tahu bahwa ceker ayam ini bisa dibuat masakan yang lezat dan bermanfaat bagi tubuh?

Bahkan di Hongkong, ceker ayam ini dimasukan ke dalam masakan dim sum yang dikukus dengan bumbu-bumbu hingga matang. Selain dapat menjadi makanan yang enak, ceker ayam ini juga mengandung gizi-gizi yang baik bagi tubuh.

Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa bagian daging ayam yang paling gurih adalah ceker ayam. Dagingnya yang bisa dimakan memang sedikit, hanya kulit dan beberapa otot yang kenyal. Jika dimasak, ceker ayam akan mengeluarkan kaldu yang lebih pekat dan kental dari bagian daging ayam lainnya.

Masakan Ceker Ayam

Beberapa masakan yang bahan utamanya dari ceker ayam seperti beberapa di antaranya Nasi Gudeg Ceker Ayam, Ceker Ayam Goreng Renyah, Bacem Ceker Ayam, dan Sayur Sop Ceker Ayam. Bahkan ada juga ceker ayam yang ditambahkan ke masakan lainnya dan menjadi menu unggulan seperti Baso Ceker Ayam atau Mie Ayam Ceker.

Dengan inovasi masakan, ceker ayam bisa dibuat panganan lainnya yang lezat seperti keripik ceker dengan membuang tulangnya kemudian di goreng garing dengan bumbu penyedap sehingga menjadi garing, gurih dan renyah sehingga enak dibuat cemilan.

Manfaat Dan Kandungan Ceker Ayam

Namun jika Anda adalah penggemar ceker ayam dan benar-benar menyukainya, sebaiknya konsumsi ceker ayam dalam jumlah yang wajar agar menyehatkan. Kandungan gizi dan manfaatnya bagi tubuh dari ceker ayam ini di antaranya adalah bahwa ceker ayam mengandung banyak kolagen yang berkhasiat untuk membuat kulit terlihat lebih muda, menguatkan pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar, serta dapat menurunkan berat badan. Selain kolegen, ceker ayam mengandung banyak protein dan kartilago untuk menjaga kelenturan dan kelancaran pada sendi-sendi tulang. Ceker ayam juga mengandung banyak zat kapur yang bermanfaat untuk mengatasi reumatik.

Bahaya Terlalu Banyak Mengkonsumsi Ceker Ayam

Dan perlu diketahui juga bahwa terlalu sering dan banyak mengkonsumsi ceker ayam dapat membahayakan pada kesehatan tubuh terutama bagi kaum wanita. Terlalu sering mengkonsumsi ceker ayam dapat mengakibatkan kista coklat. Apalagi sekarang banyak ayam-ayam yang dipelihara dengan bantuan zat kimia agar pertumbuhannya cepat. Zat-zat kimia ini tentunya akan berakibat tidak baik bagi tubuh yang mengkonsumsinya. Selain kista coklat, zat-zat ini dapat memicu penyakit kanker rahim, kanker serviks, dan kanker payudara.

Untuk itu, konsumsilah ceker ayam dengan jumlah yang wajar, terkontrol, dan tidak terlalu sering agar tidak membahayakan pada kesehatan tubuh.

Share this:

Disqus Comments