Keunikan Kantong Semar Yang Jarang Diketahui

Keunikan Kantong Semar Yang Jarang Diketahui

Selain bentuknya yang unik, ternyata tumbuhan kantung semar memiliki keunikan lainnya yang jarang kita ketahui. Keunikan-keunikan tersebut seperti di bawah ini.

Tanaman paling rakus di dunia

Ternyata kantung semar bisa memakan enam ribu rayap setiap harinya untuk mendapatkan nutrisi. Bagian dalam kantung mengandung banyak nektar yang sangat disukai rayap dan serangga lainnya. Bagian dalam kantong memiliki permukaan yang licin sehingga rayap dan serangga akan mudah terpeleset dan jatuh ke dalam kantong dan tidak ada yang bisa naik kembali ke atas untuk keluar dari kantong karena kantong semar akan menutup katupnya yang kemudian akan meyerap nutrisi dari serangga dan rayap yang terjebak.

Memiliki strategi penjebakan

Sebagai tanaman memang kantong semar tidak memiliki otak, namun penelitian membuktkan bahwa beberapa jenis dari tanaman ini mampu memiliki cara untuk menjebak rayap dan serangga. Mereka bisa menonaktifkan permukaan bagian kantong yang licin menjadi tidak licin selama 8 jam sehingga serangga akan mudah keluar masuk kantong dan mengambil nektar. Dengan begitu maka akan ada banyak serangga yang masuk ke dalam kantong yang kemudian akan terjebak ketika kantong semar mengaktifkan kembali permukaan bagian dalam yang licin.

Menjadi toilet kelelawar

Kantong semar dan kelelawar memiliki hubungan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan. urine dan kotoran kelelawar yang dibuang ketika bertengger di dalam kantong semar menjadi nutrisi tambahan bagi kantong semar.

Menjadi cadangan air pendaki dan obat batuk

Kantung semar yang berisi air dan tertutup katupnya ini bisa menjadi cadangan air bagi para pendaki yang kebetulan menemukannya untuk menghilangkan dahaga. Kantung semar mampu menetralkan ph air yang masuk ke dalam kantung sehingga aman untuk diminum. Bahkan di beberapa daerah, air dari kantung semar yang tertutup ini biasa dijadikan sebagai obat batuk. Namun jangan mengambil atau meminum air dari kantong semar yang terbuka karena sudah terkontaminasi dengan serangga yang terjebak masuk.

Share this:

Disqus Comments