Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Ular Berbisa

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Ular Berbisa

Ular adalah binatang melata tak berkaki yang memiliki sisik di sekujur tubuhnya dengan tubuh yang memanjang. Banyak sekali jenis ular, namun secara garis besar bisa digolongkan ke dalam 2 jenis, yaitu jenis ular berbisa dan ular tidak berbisa.

Nah kali ini saya akan sedikit membahas hal yang perlu diketahui tentang ular berbisa, di antaranya:

1. Ular Berbisa Tercepat

Ular berbisa yang paling mematikan yang dapat bergerak paling cepat adalah ular mamba hitam yang memiliki kecepatan bergerak 11 km per jam dan paling agresif dalam mempertahankan daerah kekuasaannya. Sedangkan kecepatan ular rata-rata pada umumnya hanya 1.6 km per jam.

Ular mamba hitam memiliki julukan "The Shadow of Death" karena kecepatan bergeraknya. Bisa ular mamba ini sangat mematikan dan dapat menewaskan mangsanya dalam waktu 15 menit sampai 3 jam.

2. Bisa Ular

Ada lebih dari 3000 jenis ular di dunia dan 375 jenis di antaranya adalah ular berbisa dan 75% dari ular berbisa ini ada di Australia. Banyak sekali jenis bisa ular, ada yang hanya menimbulkan bengkak, ada yang menyebabkan luka dan keracunan serius, bahkan ada yang menyebabkan kematian. Jenis bisa ular yang paling terkenal mematikan terdapat pada ular king cobra yang mampu membunuh 20 orang sekaligus. Namun di Australia ada jenis ular taipan yang memiliki bisa dengan kekuatan 750 kali lipat dari king cobra yang mampu membunuh 100 orang dan ini ular berbisa yang paling mematikan di dunia.

3. Induk Ular Berbisa

Sebagian besar ular be-reproduksi dengan bertelur, namun ada beberapa jenis ular yang melahirkan anaknya di antaranya ular kadut belang, ular pucuk, dan ular bangkai laut. Induk ular tidak pernah menjaga telur-telur mereka dan membiarkan anak-anaknya keluar sendiri dari telurnya dengan gigi khusus untuk memecahkan cangkang telurnya. Bahkan ada ular jenis tertentu yang memakan anak-anaknya. Sementara induk ular king cobra merupakan induk ular yang baik karena membangun sarang untuk telur-telurnya dan menjaganya sampai menetas.

4. Suara Ular

Diketahui bahwa ular tidak memiliki pita suara yang sempurna, karena itulah ular hanya bisa berdesis. Namun ternyata ular berbisa dapat mengeluarkan bunyi-bunyi yang cukup keras disertai dengan hentakan katupan mulutnya sebelum menggigit. Bunyi-bunyi tersebut berasal dari cincin-cincin longgar yang seperti tanduk pada ekornya yang saling bergesekan ketika ekornya digoyang-goyangkan.

Share this:

Disqus Comments