Ramai-ramai Terapi Berendam Air Laut Di Pantai Pangandaran

Ramai-ramai Terapi Berendam Air Laut Di Pantai Pangandaran

Pantai adalah salah satu tujuan wisata yang murah meriah. Salah satu aktivitas liburan di pantai adalah berenang di pantai dan salah satu pantai tujuan wisata pantai yang ada di Jawa Barat adalah pantai Pangandaran.

Dan akhir-akhir ini ada satu kegiatan warga sekitar pantai Pangandaran yang menarik untuk saya share di blog ini.

Entah siapa yang memulainya, kini warga sekitar ramai-ramai berendam air laut di pantai Pangandaran. Kegiatan ini berlangsung di pagi hari antara pukul 4.30 WIB (sesudah shalat subuh) sampai pukul 6.30 WIB. Selepas shalat subuh, ratusan warga mulai turun ke air laut. Mereka berendam di satu lokasi yang sama yaitu di dekat cagar alam karena di situ selain pantainya yang landai juga arus dan ombaknya tidak besar sehingga sangat aman dan nyaman untuk berendam seperti pada photo di atas. Photo di atas di ambil pukul 5.30 WIB oleh anak saya, jadi harap maklum jika photonya kurang bagus hehehe...

Kira-kira 100 meter dari bibir pantai, semua warga berjejer dan merendam tubuhnya di dalam air laut. Laki-laki, perempuan, tua, dan muda semua berendam air laut. Kebanyakan dari mereka adalah yang memiliki masalah kesehatan seperti rematik, encok, kolesterol, sesak napas, darah tinggi, bahkan stroke. Iya...kini warga sekitar Pangandaran ramai-ramai melakukan terapi gratis dengan berendam air laut di pagi hari.

Sudah banyak yang merasakan manfaat dan khasiat dari berendam air laut di pagi hari ini. Mereka berangsur-angsur pulih dari penyakitnya. Tentu saja tidak pulih seketika, namun 2 sampai 3 minggu berendam secara rutin di pagi hari.

Saya sendiri baru mencoba berendam di pagi hari ini seminggu ini. Memang betul apa yang warga rasakan juga, setelah berendam badan kita terasa segar, napas kita terasa lebih panjang. Otot-otot pun terasa lebih lemas.

Namun ada satu hal yang perlu kita lakukan setelah berendam air laut agar lebih berkhasiat yaitu selepas kita berendam, tubuh jangan dibilas dulu dengan air tawar. Kita hanya membersihkan pasir yang menempel di kaki kemudian ganti baju dengan baju kering. Biarkan air laut kering dengan sendirinya dan meresap di pori-pori kulit, lebih baik kemudian kita berjemur sinar matahari pagi.

Setelah beberapa jam kemudian, baru kita mandi dengan air tawar seperti biasa. Ternyata berendam air laut di pagi hari tidak hanya untuk kesehatan, namun juga berkhasiat untuk kecantikan. Banyak kandungan zat dalam air laut yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan seperti magnesium, potasium, kalsium sulfat, zat besi, boron, selenium, zink dan sodium, serta masih banyak lagi. 

Nah, saat berendam dalam air laut itulah ion- ion dan mineral yang terkandung di dalam air laut akan bekerja dengan menembus dan meresap melalui pori-pori kulit kita, dan zat-zat tersebut berkhasiat sebagai berikut:
  1. Melancarkan sirkulasi darah
  2. Memperkuat otot jantung
  3. Melenturkan atau merelaksasi otot sehingga tubuh terasa segar
  4. Melancarkan sistem pernapasan
  5. Meningkatkan produksi sel darah merah
  6. Menormalkan tekanan darah
  7. Menyeimbangkan keasaman dalam darah
  8. Mencegah keropos tulang dan osteoporosis
  9. Meringankan sakit pinggang, wasir dan rematik
  10. Dan lain sebagainya

Share this:

Disqus Comments